Why Is It Called Christmas?

By | November 28, 2019

Tidak lama lagi kita memasuki bulan Desember. Itu berarti sebentar lagi tibalah hari Natal, yang dalam bahasa Inggris disebut Christmas.  Banyak orang mulai menghias rumah dengan pohon Natal dan beberapa hadiah lain.  Lepas dari itu, pernahkah sobat berpikir dan bertanya-tanya dari mana kata Christmas berasal?

Kata Christmas berasal dari bahasa Inggris kuno Cristes-messe, yang secara harafiah berarti Christ’s Mass atau dalam bahasa Indonesia Misa Sang Kristus. Misa dalam bahasa Indonesia merujuk peribadatan utama dalam Gereja Katolik. Kata ini sendiri berasal dari kata-kata bahasa Latin yang diucapkan imam di akhir Misa, Ite, missa est, yang artinya ‘Pergilah, kau diutus’.

Lepas dari etimologinya, kata Christmas, menurut Merriam Webster berarti “a Christian feast on December 25 or among some Eastern Orthodox Christians on January 7 that commemorates the birth of Christ and is usually observed as a legal holiday – hari besar Kristiani yang jatuh pada tanggal 25 Desember atau 7 Januari bagi penganut Kristen Ortodoks, memperingati kelahiran Kristus, dan lazimnya menjadi hari libur nasional.” Sementara itu, periode waktu antara Natal dan Tahun Baru disebut Christmastide.

Makna kata ini secara khusus sebenarnya tidak ada sangkut pautnya dengan peribadatan, meskipun tentu umat Kristen merayakannya dengan Misa. Kata ini kadang-kadang juga ditulis Xmas. X dalam kata itu bukanlah abjad Latin, tetapi huruf Chi, yang merupakan huruf pertama dari kata Yunani Christós (Χριστός).

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *