Which vs What: Pahami Bedanya!

By | July 21, 2018

Sobat pembaca, dua kata yang kita bahas kali ini – which dan what – kadang-kadang membingungkan, mana yang harus dipakai. Keduanya termasuk question words, kata yang lazim digunakan untuk menanyakan sesuatu. Which diartikan ‘yang mana’ dan what diartikan ‘apa’, meskipun kadang-kadang juga diartikan ‘mana’, tergantung konteksnya.

WHICH

Kata ini, sebagaimana disebutkan sebelumnya, berarti ‘yang mana’. Kata ini masuk dalam kategori pronoun. Kamus online Merriam-Webster menyebutkan bahwa kata ini digunakan untuk mengawali kalimat tanya, dan berarti “what one or ones out of a group” – yang mana dari suatu kelompok. Demikian juga dengan kamus online Oxford Dictionary, yang menjelaskan fungsi kata ini: “Asking for information specifying one or more people or things from a definite set” – (digunakan untuk) menanyakan informasi secara spesifik tentang satu atau lebih orang atau benda dari suatu grup atau kelompok tertentu.

Keterangan yang diberikan kedua kamus online tersebut jelas menyebutkan bahwa kata ini dipakai ketika sobat ingin menanyakan orang yang mana, murid yang mana, buku yang mana, mobil yang mana, atau apapun itu, dari jumlah atau kemungkinan-kemungkinan atau pilihan-pilihan yang terbatas (lazimnya sedikit)., yang diketahui baik oleh pembicara maupun pendengar. Misalnya, kalau sobat mempunyai 5 buah pena dengan warna berbeda, dan sobat ingin tahu yang mana yang paling disukai oleh seorang teman, sobat bisa bertanya,”Which one do you like best?” – yang mana yang paling kamu sukai? Kata which digunakan karena pilihannya terbatas dan diketahui jumlahnya. Kata what TIDAK bisa dipakai.

  • Of these four words, which one has a negative connotation? – Dari keempat kata ini, yang mana mempunyai konotasi negatif?
  • Which tie should I wear to the party, the black one or the blue one? – Dasi yang mana yang harus saya pakai ke pesta, yang hitam atau biru?
  • Which movie do you want to see? – Film yang mana (dari pilihan-pilihan yang ada di bioskop) yang ingin kamu tonton?

WHAT

Dalam kaitannya dengan pilihan atau kemungkinan-kemungkinan, kata ini juga bisa digunakan sebagaimana kata which. Bedanya adalah, sobat akan menggunakan kata ini kalau sobat dihadapkan pada jumlah pilihan atau kemungkinan yang tidak diketahui atau tidak terbatas. Misalnya, kalau sobat sedang bercakap-cakap dengan seseorang dari Amerika Serikat, dan sobat ingin tahu dia berasal dari daerah mana di Amerika, sobat akan menggunakan kata ini untuk bertanya: “What part of the US do you come from? – Kamu berasal dari bagian Amerika yang mana?

Kata what digunakan karena jumlah pilihannya terlalu banyak dan tidak diketahui. Kata which TIDAK lazim dipakai. Sekarang coba kita bandingkan 2 pertanyaan berikut:

  • Which movie do you want to see? – Film yang mana yang kamu sukai? Pertanyaan ini bisa diajukan kalau sobat dan teman berada di bioskop dan ada beberapa pilihan (biasanya sedikit) film yang sedang tayang.
  • What movie did you see last night? – Film apa yang kamu tonton tadi malam? Pertanyaan ini bisa diajukan kalau sobat tidak tahu persis jumlah pilihan filmnya.

Nah kadang-kadang, baik which dan what bisa dipertukarkan. Ketika jumlah pilihan diketahui, tetapi terlalu banyak, misalnya 25 atau 50, sobat bisa menggunakan which atau what. Misalnya, kalau sobat ingin tahu dari negara bagian Amerika Serikat yang mana seseorang berasal.

  • What/Which state do you live in? – Kamu tinggal di negara bagian mana?

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *