Way Back When vs Way Back Then

By | October 20, 2018

Salam jumpa lagi, sobat pembaca semua. Kali ini englishforsma.com akan membahas dua ungkapan idiomatik yang sangat lazim digunakan penutur asli dalam percakapan sehari-hari: way back when dan way back then. Sekilas kedua ungkapan tersebut mirip. Perbedaannya terletak pada dua kata, when dan then, dan dua kata ini membuat perbedaan besar.

WAY BACK WHEN

Ungkapan idiomatik ini bernuansa informal, dan lebih lazim digunakan dalam American English. Kamus online the Free Dictionary menyebutkan bahwa ungkapan ini berarti “a relatively long time ago, especially when recalling something that is not the case now” – dahulu kala, terutama ketika mengingat-ingat sesuatu yang sekarang ini tidak lagi relevan/terjadi.

Jadi, secara sederhana, ungkapan ini berarti ‘dulu’ atau ‘dulu sekali’. Nah, perlu diingat bahwa ungkapan ini TIDAK merujuk pada waktu yang spesifik. Maksudnya, dulu sekali entah kapan. Coba perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • Women didn’t wear pants way back when. They wore skirts. – Dulu sekali (entah kapan) perempuan tidak memakai celana panjang. Mereka memakai rok.
  • We were very close friends way back when. – Kami teman sangat dekat dulu sekali (entah kapan).
  • I used to be a big fan of horror movies way back when. Now I prefer to watch action films. – Saya penggemar film horor dulu sekali (entah kapan). Sekarang saya lebih suka film aksi.

WAY BACK THEN

Nah, bagaimana dengan ungkapan ini? Seperti halnya ungkapan pertama, frasa ini juga merujuk pada masa lalu. Bedanya, ungkapan ini digunakan untuk merujuk pada waktu spesifik di masa lalu. Lazimnya, sobat akan menggunakan ungkapan ini setelah sebelumnya sobat menyebutkan waktu yang dimaksud secara spesifik. Coba sobat perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • I had a happy childhood. I had more time to play dan felt free way back then. – Masa kecil saya bahagia. Saya punya waktu lebih banyak untuk bermain, dan saya merasa bebas waktu itu.
  • The 90s is perhaps the greatest decade. Way back then you could hear so many great songs from great artists. – Tahun 90an barangkali dekade terbaik. Kamu bisa mendengar banyak lagu bagus waktu itu dari seniman hebat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *