War vs Battle: Sama atau Beda Sih?

By | January 1, 2016

Sobat pembaca setia englishforsma.com, dua kata yang kita bahas kali ini, war dan battle, memang mempunyai kedekatan makna karena secara konsep terkait erat satu sama lain. Satu kesalahan umum adalah banyak orang menyangka kedua kata tersebut bisa dipertukarkan. Keduanya TIDAK bisa saling menggantikan. Kata pertama lebih tepat diartikan sebagai perang, dan kata kedua diartikan sebagai pertempuran.

WAR

Kata ini berarti perang. Kita mengenal World War atau perang dunia dan Cold War, perang dingin. Kata ini menurut kamus pertama-tama berarti konflik terbuka antara dua atau lebih negara atau pihak yang melibatkan senjata dan berlangsung lama. Kata ini juga berarti periode ketika perdamaian antara dua negara terganggu.

Jadi, kata ini pertama-tama tidak mengacu pada pertemuan berhadap-hadapan antara dua kelompok tentara bersenjata di area tertentu di waktu tertentu, tetapi kondisi konflik antara dua atau lebih negara. Coba sobat pembaca bayangkan Perang Dunia II yang berlangsung dari tahun 1939 sampai dengan 1945 yang melibatkan lebih dari 30 negara di dunia.

Periode konflik yang panjang, dan kondisi tak damai berkepanjangan itulah yang disebut war. Selama periode panjang itu, pada titik-titik tertentu pasti terjadi pertemuan berhadap-hadapan antara kelompok-kelompok tentara dari pihak-pihak yang berperang di area tertentu pada titik waktu tertentu. Nah, inilah yang disebut battle. Berikut adalah penjelasan lebih jauh tentang kata ini.

BATTLE

Kata battle lebih tepat diartikan sebagai pertempuran. Battle adalah kontak fisik yang sesungguhnya dalam masa perang. Sebagaimana dijelaskan di atas, kata battle berarti pertemuan berhadap-hadapan antara kelompok-kelompok tentara dari negara yang terlibat perang. Dan battle atau pertempuran ini terjadi pada titik-titik waktu tertentu selama periode panjang perang.Dengan kata lain, war terdiri dari serangkaian battle.

Satu pihak bisa saja menang dalam battle, tetapi itu tidak berarti pihak tersebut memenangkan perang karena battle hanya sebagian kecil dari war. Tetapi, jika satu pihak memenangkan perang, tidak akan ada lagi battle, karena perang sudah selesai

Semoga membantu sobat pembaca semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *