And vs As Well As: Apa Bedanya?

By | June 11, 2016

Banyak dari kita – dan juga penutur asli bahasa Inggris – mengira bahwa and dan as well as itu sinonim, dan bisa dengan mudah saling dipertukarkan. Tidak demikian, sobat pembaca. Keduanya membawa makna yang berbeda, dan oleh karena itu TIDAK bisa dipertukarkan tanpa mengubah makna.

AND

Menurut http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/and kata ini termasuk dalam kategori konjungsi (conjunction) yang digunakan untuk menggabungkan dua kata, frase, bagian-bagian kalimat, atau pernyataan yang saling berkaitan. Dalam kata ini terkandung makna dua kata atau frase yang dihubungkan dengan and itu setara, dalam pengertian tidak ada yang diberi penekanan lebih. Coba perhatikan kalimat berikut:

  • John and Mary like coffee. – John dan Mary menyukai kopi. John dan Mary mempunyai kedudukan setara, yang satu tidak lebih penting dari yang lain.
  • We educate young people to be men and women for others. – Kami mendidik orang-orang muda menjadi pria dan wanita bagi sesama. Dalam kalimat ini men dan women setara, yang satu tidak lebih penting dari yang lain.
  • Rachel’s performance tonight was stunning and amazing. – Penampilan Rachel malam ini mempesona dan mengagumkan.

AS WELL AS

Bagaimana dengan frase ini? Perlu dipahami bahwa as well as BUKAN sinonim dari and. Frase ini menurut kamus yang sama berarti ‘in addition to’. Jika sobat menggunakan frase ini, sobat ingin menunjukkan bahwa sobat memberi penekanan lebih pada satu kata, dan yang lain sebagai pelengkap. Coba kita gunakan sekali lagi kalimat-kalimat di atas, dan mengganti konjungsi and dengan as well as.

  • John as well as Mary likes coffee. – John, juga Mary, menyukai coffee.

Tentu tidak salah jika sobat menyimpulkan, berdasarkan kalimat di atas, bahwa kedua orang itu, John dan Mary, menyukai kopi. Tetapi, kalimat itu memberi penekanan lebih pada John, bukan Mary. Penekanan yang menunjukkan bahwa dalam kalimat itu John menjadi pokok pembicaraan utama, BUKAN Mary..

Bukti bahwa kalimat itu memberi penekanan lebih pada John tampak pada kata kerja (verb) yang dipakai. Kata kerja yang dipakai dalam kalimat itu adalah likes BUKAN like. Kata kerja berakhiran -s hanya digunakan dengan subyek tunggal (singular), bukan jamak (plural).

Kalimat di atas bisa ditulis ulang dengan cara berbeda: Not only Mary but also John likes coffee. Kalimat ini memberi penekanan pada John.

  • Rachel’s performance tonight was stunning as well as amazing. – Penampilan Rachel malam ini mempesona lagi mengagumkan.

Sama seperti penjelasan sebelumnya, kalimat ini memberi penekanan lebih pada ‘stunning’, BUKAN pada ‘amazing’. Jadi, sobat pembaca, sekali lagi ditegaskan bahwa kata and TIDAK SAMA artinya dengan as well as. Bukan sinonim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *