As vs Like: Beda Apa Sama Sih?

By | April 9, 2017

Sobat pembaca setia englishforsma.com, kali ini kita akan bahas dua kata yang bahkan penutur aslipun membuat kekeliruan dalam pengunaannya, yakni as dan like. Bagian yang membingungkan dari kedua kata ini adalah ketika keduanya berarti ‘seperti’. Mari kita bahas satu per satu.

AS

Kata ini mempunyai beberapa arti, termasuk ketika, sebagai dan seperti. Kita bahas makna ketiga, yakni seperti. Dalam pengertian ini, kata as berfungsi sebagai konjungsi atau kata sambung, yakni kata yang menghubungkan klausa induk dengan klausa anak.

Karena berfungsi sebagai konjungsi, kata ini TIDAK BISA diikuti nomina. Kata as harus diikuti klausa, yakni anak kalimat yang tentu saja mempunyai Subject dan Verb. Perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • My colleague sings as a professional singer sings. – Teman sekerja saya bernyanyi seperti seorang penyanyi profesional. Sobat lihat bahwa kata as diikuti oleh klausa dengan subyek a professional singer dan verba sings. My colleague sings as a professional singer (X).
  • Andy, my classmate,  investigates the case as a detective does. – Andy, teman sekelas saya, menyelediki kasus itu seperti seorang detektif.

LIKE

Kata ini juga diartikan seperti. Bedanya adalah, kata ini berfungsi sebagai preposisi atau kata depan. Oleh karena itu, berbeda dengan kata sebelumnya, kata ini HARUS diikuti nomina atau promonina, dan tidak bisa diikuti klausa.

  • My younger sister sings like a professional singer. – Adik perempuan saya menyangi seperti seorang penyanyi profesional.
  • He works like a horse. – Ia bekerja bagai seekor kuda.
  • She looks like a rich woman. – Ia kelihatan seperti seorang perempuan kaya.

Tetapi, perlu dicatat bahwa dalam percakapan sehari-hari, banyak penutur asli tidak benar-benar mengikuti aturan gramatika sebagaimana dijelaskan di atas, sesuatu yang kerap terjadi dalam bahasa manapun di dunia. Mereka sering memperlakukan kata like seperti kata as, seperti judul lagu yang dinyanyikan David Loggins dan Anne Muray: Nobody loves me like you do. 

Dan saat ini, penggunaan kata ini seperti dalam judul lagu di atas sudah lazim dan dianggap bernuansa lebih kasual dan informal dibanding as. Bandingkan:

  • Nobody loves me as you do – Tak seorangpun mencintaiku seperti dirimu (formal).
  • Nobody loves me like you do – Tak seorangpun mencintaiku seperti dirimu (informal).

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *