Site icon englishforsma.com

But vs However: Perbedaan dan Persamaan

Sobat pembaca, dua kata bahasa Inggris ini memang membingungkan bagi sementara orang. But dan however memang mempunyai kemiripan makna dalam bahasa Indonesia. Meskipun demikian, ada konotasi makna dan aturan gramatikal yang sobat mesti pahami terkait penggunaan kedua kata ini.

BUT

Kata ini bisa berarti ‘kecuali’ atau ‘selain’. Tetapi kita tidak akan membahas makna ini. Kita akan fokus pada makna lain kata ini, yakni ‘tetapi’, yang mempunyai kemiripan dengan kata however.

Kamus online http://www.merriam-webster.com/dictionary/but menyebutkan bahwa kata ini berfungsi sebagai konjungsi (conjunction), yakni kata yang menghubungkan satu kata/frasa/klausa/kalimat dengan kata/frasa/klausa/kalimat lain. Ketika bermakna ‘tetapi’ kata ini secara gramatikal menghubungkan dua kalimat. Dalam hal ini, kata however tidak bisa menggantikan. Perhatikan beberapa contoh kalimat berikut ini:

Tetapi, dengan makna yang sama, kata ini TIDAK SELALU diletakkan di antara dua kalimat. Banyak contoh kalimat bahasa Inggris menunjukkan bahwa kata ini juga digunakan di awal kalimat, seperti halnya kata however. Memang benar kata ini boleh saja digunakan di awal kalimat supaya nuansa kalimatnya terdengar casual, tidak formal, dan tidak kaku. Berikut adalah contoh kalimatnya:

HOWEVER

Kata ini, menurut http://www.merriam-webster.com/dictionary/however, juga berarti ‘on the other hand’. Jadi, kata ini juga digunakan untuk menunjukkan kontradiksi antara gagasan dalam sebuah kalimat dengan gagasan dalam kalimat lain.

Hanya saja, kata ini digunakan dengan cara yang berbeda. Perhatikan bagaimana kata ini digunakan dalam kalimat.

Sobat bisa melihat bahwa kata ini digunakan di awal kalimat, dan selalu demikian. Kata ini tidak bisa ditempatkan sebagai konjungsi seperti halnya but dalam 2 kalimat pertama di atas. Kata however mempunyai nuansa formal. Oleh karena itu, kata ini hanya digunakan dalam situasi formal, baik dalam tulis maupun lisan.

Referensi:

http://www.merriam-webster.com/dictionary/but

http://www.getitwriteonline.com/archive/032601startsentandbut.htm

Exit mobile version