Each vs Every: Sama Atau Beda?

By | December 11, 2016

Sobat pembaca, dua kata yang menjadi topik bahasan kita kali ini, each dan every, memang agak membingungkan. Kedua kata ini mempunyai kemiripan arti, dan dalam konteks tertentu bisa saling menggantikan, terutama ketika sobat sedang merujuk pada sebuah kelompok orang/benda dengan jumlah tertentu dan terbatas.

Tetapi, kata every – BUKAN each – lazim digunakan ketika sobat berbicara tentang kelompok orang/benda dengan jumlah besar dan tak terbatas (dan itu seringkali berarti mengacu pada hal-hal secara umum). Kata each  sering diartikan ‘tiap-tiap’, atau ‘masing-masing’, sementara every  sering diartikan setiap.  Mari kita bahas kedua kata ini dan kita lihat di mana letak persamaan dan perbedaan keduanya.

EACH

Kata ini digunakan kalau sobat sedang berbicara tentang masing-masing individu dalam sebuah kelompok yang terdiri dari dari dua (2) orang/benda atau lebih (dengan jumlah yang lazimnya kecil). Jadi, kata ini menekankan individualitas atau satu per satu anggota kelompok. Coba perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:

  • Two tall men came to my house yesterday. Each (of them) was wearing a blue hat. – Dua pria tinggi mendatangi rumah saya. Masing-masing (dari mereka) memakai topi biru.
  • I stood between Maria and Anne, putting an arm around each of their shoulders. – Saya berdiri di antara Maria dan Anne, meletakkan lengan saya di masing-masing pundak mereka.
  • I gave each student in my class a new pen. – Saya memberi masing-masing siswa dalam kelas saya sebuah pena baru.
  • There’s a TV set in each room at the motel. – Ada TV di tiap kamar motel itu.

EVERY

Penggunaan kata ini lebih luas daripada each. Setidaknya, kata ini digunakan dalam tiga cara:

PERTAMA. Sobat bisa menggunakan kata ini kalau sobat sedang membicarakan tiap individu dalam sebuah kelompok yang terdiri dari 3 (tiga) orang /benda atau lebih, dan lazimnya merujuk pada kelompok orang/benda dengan jumlah besar tertentu dan terbatas. Maka, kata ini TIDAK BISA menggantikan dua kalimat pertama dalam contoh-contoh di atas. Tetapi, untuk dua contoh terakhir, kata ini bisa menggantikan each.

  • I gave every student in my class a new pen. – Saya memberi setiap siswa dalam kelas saya sebuah pena baru.
  • There’s a TV set in every room at the hotel. – Ada TV di tiap-tiap kamar motel.

KEDUA. Kata ini digunakan ketika sobat merujuk pada semua orang/hal secara umum atau semua orang/hal dengan jumlah besar tak tentu. Nah, persis di sinilah letak kerumitan kata ini. Secara gramatikal kata ini diikuti kata kerja singular, tetapi maknanya plural. Dan dalam hal ini TIDAK BISA digantikan oleh each.

  • Every house  in the town is painted white. – Setiap rumah (dalam pengertian semua) di kotak itu bercat putih. Kata every digunakan di sini – BUKAN each – karena mengacu pada semua rumah secara umum dalam jumlah besar tetapi tidak tertentu (kita tidak tahu jumlahnya berapa, pokoknya semua).
  • I read every book in the library. – Saya membaca setiap buku (dalam pengertian semua) di perpustakaan. Sekali lagi, kata ini digunakan karena mengacu pada sejumlah besar buku, meskipun jumlahnya pun tak tertentu.
  • Every teacher needs to know their students well. – Setiap guru (semua guru) harus mengenal murid-muridnya dengan baik. Sobat bayangkan jumlah guru yang sangat besar, tetapi tidak tertentu (pokoknya semua).

KETIGA. Kata ini sering  kali digunakan untuk menyatakan seberapa sering sesuatu terjadi. Dalam hal ini, kata each TIDAK BISA dipakai: every day/week/month/3 hours, dan seterusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *