Site icon englishforsma.com

About, Around, Approximately: Apa Ya Bedanya?

Dalam konteks tertentu ketiga kata tersebut bisa dikatakan sinonim, dan sering diartikan kira-kira dalam bahasa Indonesia. Dalam situasi tertentu, ketiganya bisa saling menggantikan, dan dalam situasi lain hanya salah satu kata bisa dipakai.

Selain berarti ‘tentang’, about bisa berarti ‘kira-kira’. Yang dimaksud ‘kira-kira’ oleh kata ini adalah kurang lebih atau kisaran JUMLAH atau kuantitas yang dinyatakan dengan angka tertentu. Longman Language Activator mendefinisikan makna ‘kira-kira’ dalam kata ini sebagai a little more or a little less than a number, amount. Dalam hal ini kata around TIDAK bisa digunakan.

Approximately juga mempunyai makna ini. Hanya saja, kata ini terdengar lebih formal, dan oleh karena itu sering digunakan dalam ragam bahasa tulis.

Selain itu, kata ini juga bisa digunakan untuk berbicara tentang waktu dan tanggal. Longman Language Activator menyebutkan bahwa kata ini juga berarti a little later or a little earlier than a particular time or date. Jadi, kata ini berarti kira-kira pukul sekian atau tanggal sekian. Nah, dalam konteks ini kata around bisa  menggantikan. Perhatikan contoh berikut:

About atau around sering dipakai dalam American English. Kata approximately juga bisa digunakan untuk menggantikan kedua kata itu, meskipun sedikit lebih formal. Ungkapan lain yang semakna dengan ini dalam British English adalah round about (Longman Language Activator hal. 2)..

Semoga membantu.

 

 

Exit mobile version