About, Around, Approximately: Apa Ya Bedanya?

By | May 8, 2016

Dalam konteks tertentu ketiga kata tersebut bisa dikatakan sinonim, dan sering diartikan kira-kira dalam bahasa Indonesia. Dalam situasi tertentu, ketiganya bisa saling menggantikan, dan dalam situasi lain hanya salah satu kata bisa dipakai.

Selain berarti ‘tentang’, about bisa berarti ‘kira-kira’. Yang dimaksud ‘kira-kira’ oleh kata ini adalah kurang lebih atau kisaran JUMLAH atau kuantitas yang dinyatakan dengan angka tertentu. Longman Language Activator mendefinisikan makna ‘kira-kira’ dalam kata ini sebagai a little more or a little less than a number, amount. Dalam hal ini kata around TIDAK bisa digunakan.

  • About 2000 people flocked to the town square to watch the new American Idol’s first concert. – Kira-kira 2000 orang berbondong-bondong/memadati lapangan kota untuk menonton konser pertama American Idol yang baru. Around 2000 people (X).
  • He lost about 5 kilograms in just five weeks. – Ia turun berat badan kira-kira 5 kg dalam lima minggu saja. He lost around 5 kilograms (X).
  • The global temperature has increased by about 0.8°Celclus since 1880. – Temperatur dunia naik kira-kira 0.8°Celcius sejak 1880. Has increased by around (X).

Approximately juga mempunyai makna ini. Hanya saja, kata ini terdengar lebih formal, dan oleh karena itu sering digunakan dalam ragam bahasa tulis.

Selain itu, kata ini juga bisa digunakan untuk berbicara tentang waktu dan tanggal. Longman Language Activator menyebutkan bahwa kata ini juga berarti a little later or a little earlier than a particular time or date. Jadi, kata ini berarti kira-kira pukul sekian atau tanggal sekian. Nah, dalam konteks ini kata around bisa  menggantikan. Perhatikan contoh berikut:

  • The old mosque was completed in about/around the beginning of the 18th century. – Masjid tua itu selesai dibangun kira-kira awal abad 18.
  • About/around two years ago he moved to Lampung to start a new life. – Kira-kira dua tahun lalu ia pindah ke Lampung untuk memulai hidup yang baru.

About atau around sering dipakai dalam American English. Kata approximately juga bisa digunakan untuk menggantikan kedua kata itu, meskipun sedikit lebih formal. Ungkapan lain yang semakna dengan ini dalam British English adalah round about (Longman Language Activator hal. 2)..

Semoga membantu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *