Between vs Among vs Amongst: Apa Bedanya?

By | November 22, 2016

Sobat pembaca, kali ini kita akan bahas tiga preposisi yang dalam bahasa Indonesia sering diartikan ‘antara’ atau ‘di antara’. Ketiga preposisi tersebut adalah between, among, dan amongst. Kata pertama berbeda dengan dua kata berikutnya, sementara kata amongst adalah variasi dari among.

Sobat pasti sudah pernah mendengar aturan umum yang mengatakan bahwa kata between digunakan untuk menyebut ‘antara’ dua hal, dua orang, dua tempat, dan sebagainya, dan among dipakai untuk mengatakan ‘antara’ tiga hal, tiga orang, tiga tempat atau lebih.

Aturan ini tidak salah, tetapi tidak selalu benar. Artinya, aturan ini tidak bisa digunakan atau berlaku untuk semua konteks. Lalu, aturan gramatikal seperti apakah yang bisa dipegang supaya kita bisa menggunakan kata-kata ini dengan tepat?  Mari kita bahas satu per satu.

BETWEEN

Preposisi ini digunakan kalau sobat berbicara tentang dua, tiga atau lebih hal yang secara jelas bisa dipisahkan sebagai individu-individu yang secara spesifik berbeda. Pemisahan ini tampak lebih-lebih ketika masing-masing individu itu disebutkan secara spesifik. Jadi, ini bukan lagi soal jumlah. Coba sobat perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • Maria is standing between two guys. – Maria berdiri di antara dua orang laki-laki. Untuk dua hal, orang, tempat, atau yang lain, memang hanya between yang dipakai, dan meskipun dua orang laki-laki ini tidak disebutkan secara spesifik siapa, tetapi jelas bahwa keduanya terpisah sebagai individu yang berbeda.
  • I can’t decide between the green shirt, the blue shirt, and the white shirt. – Saya tidak bisa memutuskan (mana yang harus kupilih) di antara kemeja hijau, kemeja biru, dan kemeja putih.  Sobat bisa melihat dengan jelas bahwa kemeja-kemeja ini diperlakukan sebagai tiga hal yang yang terpisah.
  • We split the bill between the five of us. – Kami membagi tagihan di antara kami berlima. Dalam kalimat ini tampak bahwa masing-masing dari kami berlima secara terpisah menanggung tagihan.
  • It’s really hard to choose between Harvard, Yale, and Brown. – Sulit sekali memilih di antara Harvard, Yale, dan Brown.

AMONG

Kata ini digunakan ketika sobat berbicara tentang tiga atau lebih hal, orang, tempat, obyek, atau apapun yang diperlakukan tidak sebagai individu-individu yang terpisah, tetapi diperlakukan sebagai keseluruhan. Artinya, sobat TIDAK menyebut masing-masing sebagai individu yang berdiri sendiri.

  • I can’t decide among these shirts. – Saya tidak bisa memutuskan (mana yang harus dipilih) di antara kemeja-kemeja ini. Dalam kalimat ini kemeja-kemeja itu tidak diperlakukan sebagai individu-individu yang berdiri sendiri dan terpisah satu dengan yang lain. Ada banyak kemeja di situ dan dianggap sebagai keseluruhan.
  • Maria felt lke a stranger among her new friends. – Maria merasa seperti orang asing di antara teman-teman barunya. Sama dengan kalimat sebelumnya, kata friends dalam kalimat ini dianggap sebagai keseluruhan, sebagai kelompok, dan tidak diperlakukan sebagai individu-individu yang secara jelas terpisah dan berbeda.
  • We have a traitor among us. – Ada pengkhianat di antara kita. Kata us jelas menunjukkan ada banyak orang, tetapi dianggap sebagai kelompok, sebagai keseluruhan.

Nah, preposisi ini juga bisa berarti ‘termasuk dalam’ (included in) atau ‘salah satu dari’ (one of). Coba sobat perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

  • Mark Twain is among the greatest American writers. – Mark Twain adalah salah satu dari penulis-penulis terbesar Amerika.
  • Among the spectators is Jim. – Di antara penonton itu ada Jim.

Bagaimana dengan amongst? Kata ini adalah variasi dari kata among, dan mempunyai arti dan penggunaan yang sama. Tetapi kata ini sudah dianggap kuno, dan di Amerika Serikat tidak pernah digunakan lagi. Meskipun demikian, mungkin sobat masih mendengar kata ini digunakan di Kanada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *