Vessel, Ship, Boat

By | January 9, 2016

Sobat pembaca, topik bahasan kita kali ini adalah tiga nomina yang mempunyai kedekatan makna, yakni vessel, ship, dan boat. Ketiga kata ini merujuk pada jenis kapal yang berbeda. Kata vessel adalah kata yang mempunyai makna paling luas dibanding dua kata lainnya. Mari kita bahas satu per satu.

VESSEL

Kata ini mempunyai beberapa arti yang berbeda. Tetapi, kali ini kita akan batasi pembahasan kata ini pada makna kapal atau perahu. Kata ini mengacu pada kendaraan air yang paling umum dan mencakup ship dan boat.

Menurut kamus kata ini mengacu pada segala mesin atau kendaraan air yang digunakan untuk bepergian di atas air. Semua jenis kapal atau perahu disebut vessel, entah jenis ship atau boat, besar atau kecil, yang berjalan di perairan di daratan atau lautan/samudera, menggunakan layar atau tidak. Itu semua disebut vessel. Ada 2 jenis vessel: ship dan boat, dan masing-masing masih dibagi lagi ke dalam beberapa tipe yang berbeda.

SHIP

Ship biasanya mengacu pada kapal besar yang melintasi laut dan samudera. Passenger ship (kapal penumpang), tanker (kapal tanker), carrier vessel (kapal induk), freight ship (kapal pengangkut barang), dan bahkan junk (kapal layar kuno ala China) adalah beberapa jenis ship yang bisa disebut. Karena berukuran besar, ship memang dirancang untuk mengarungi lautan, dan bukan menyusuri sungai atau jalur-jalur air lain yang ada di darat.

BOAT

Dilihat dari ukuran, boat lebih kecil daripada ship. Orang bisa memasukkan boat ke ship, tetapi tidak sebaliknya. Boat mengacu pada perahu-perahu yang relatif lebih kecil ketimbang ship yang dirancang bukan untuk melintasi samudera. tetapi menyusuri jalur-jalur air yang ada di darat seperti sungai misalnya.

Yang termasuk kategori boat adalah, misalnya: sailboat (perahu layar), fishing boat (perahu untuk mancing), yacht (kapal pribadi yang biasa digunakan untuk rekreasi), ferry (kapal yang digunakan untuk menyeberangi selat), dan bahkan life boat (pelampung).

One thought on “Vessel, Ship, Boat

  1. tecega

    cara saya dapetin materi ini gimana ya min?
    untuk saat ini butuh sekali sebagai referensi laporan sidang skripsi saya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *