Use vs Utilize

By | January 22, 2017

Sobat pembaca, dua verba yang kita bahas kali ini – use dan utilize – sering diartikan menggunakan. Meskipun begitu, keduanya mempunyai konotasi yang berbeda. Kata use adalah kata yang mempunyai cakupan makna lebih luas daripada utilize. Jadi ini soal makna umum dan makna khusus. Mari kita bahas satu per satu.

USE

Kata kerja berarti ‘menggunakan’ dalam bahasa Indonesia. ini termasuk dalam kata kerja reguler. Bentuk past dan past participle kata kerja ini diakhiri dengan -ed. Menurut kamus online Oxford Dictionary kata kerja ini didefinisikan sebagai ‘take, hold, or deploy (something) as a means of accomplishing or achieving something‘ – mengambil, memegang, atau memakai sesuatu sebagai alat untuk mencapai sesuatu. Jadi, dalam kata ini terkandung pengertian bahwa subyek pelaku mempunyai tujuan tertentu.

Selain itu kata ini juga berarti memanfaatkan dalam pengertian menggunakan seseorang  demi keuntungan pribadi. Makna ini tentu berbeda dengan makna pertama. Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan kata use.

  • Just use simple language to make him understand. – Gunakan saja bahasa sederhana untuk membuatnya paham.
  • I finally realized she was just using me.- Akhirnya saya menyadari bahwa ia memanfaatkan saya.
  • She uses a knife to chop carrots. – Ia menggunakan pisau untuk memotong wortel.

Kata ini adalah kata kerja keseharian, artinya sering digunakan dalam konteks sehari-hari, baik situasi formal maupun informal.

UTILIZE

Kata ini juga diartikan menggunakan. Kata ini bisa menggantikan use dalam pengertian pertama. Tetapi banyak orang mengatakan bahwa kata ini terdengar ‘wah’ dan formal. Dan itu salah satu alasan kenapa orang memakai kata ini dalam tulisan, yakni supaya terdengar ‘wah’. Oleh karena itu disarankan agar sobat menggunakan kata yang lebih lazim dan umum: use.

Tetapi, kata ini mempunyai makna lain, makna yang lebih sempit. Kata ini lebih mirip maknanya dengan ‘make use of’. Intinya begini, kalau sobat menggunakan sesuatu yang sebenarnya bukan fugsinya – tetapi praktis dan menguntungkan – sobat silakan gunakan kata ini. Misalnya, sobat menggunaan kursi waktu sobat mau mengganti bola lampu. Fungsi kursi tentu untuk duduk, bukan untuk berdiri dan ganti bola lampu.

  • I utilized a chair when I changed the light bulb. – Saya menggunakan kursi ketika saya mengganti bola lampu. Kata ini digunakan untuk menegaskan bahwa kursi dipakai untuk melakukan sesuatu yang bukan fungsinya.

Tetapi tentu saja sobat bisa menggunakan kata use untuk menggantikan utilize, dan dalam hal ini sobat menggunakan makna umum atau luas.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *