Use vs Usage: Apa Sih Bedanya?

By | February 9, 2016

Baik use maupun usage adalah kata benda (noun). Keduanya mempunyai akar kata yang sama, yakni kata kerja (verb) use. Meskipun berasal dari kata yang sama, use dan usage digunakan secara berbeda. Sekarang mari kita bahas masing-masing kata.

USE

Kata ini bisa berfungsi sebagai kata benda. Sebagai kata benda (noun), kata ini berarti penggunaan sesuatu untuk tujuan tertentu. Makna ini tentu selaras dengan pengertian kata ini sebagai kata kerja (verb), yakni menggunakan sesuatu untuk tujuan tertentu. Jadi, ketika sobat menggunakan kata use, kata ini selalu mengisyaratkan adanya tujuan tertentu, yang biasanya dinyatakan secara eksplisit. Coba sobat pembaca perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • It seems that major banks in Indonesia do not approve the use of debit cards for online transactions. – Tampaknya bank-bank besar di Indonesia tidak menyetujui penggunaan kartu debit untuk (tujuan) transaksi online.
  • The government has banned the use of torture for punishment. – Pemerintah telah melarang penggunaan penyiksaan sebagai (untuk tujuan) hukuman.
  • I intentionally store the chairs and tables in the lumber room for future use. – Saya sengaja menyimpan kursi dan meja itu di ruang penyimpanan untuk digunakan di kemudian hari.

Disamping itu, kata ini sebagai kata benda juga berarti manfaat atau faedah. Coba perhatikan contoh-contoh kalimat ini:

  • To exercise everyday seems to be of little use if you don’t control your diet. – Olah-raga tiap hari tampaknya tidak banyak manfaatnya jika Anda tidak menjaga asupan makananmu.
  • Some herbs have medicinal uses. – Beberapa tanaman mempunyai manfaat pengobatan.

USAGE

Menurut Oxford Dictionary Online kata usage secara khusus berarti bagaimana sesuatu digunakan, atau seberapa banyak sesuatu digunakan. Terkait dengan makna ini, dalam konteks bahasa, usage berarti bagaimana bahasa (termasuk di dalamnya kata, frase, ungkapan idiomatik, dan lain-lain) biasanya digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Ini mengisyaratkan praktik penggunaan bahasa yang secara umum diterima dan biasa dilakukan.

Kita mengenal frase word usage, yang berarti bagaimana kata dalam sebuah bahasa biasanya digunakan dalam komunikasi sehari sehari-hari dan secara umum diterima. Ada juga English usage, yang mengisyaratkan bagaimana bahasa Inggris digunakan secara tertulis maupun lisan dalam komunikasi sehari-hari.

Coba sobat pembaca perhatikan judul berita berikut ini, yang diambil dari http://www.motherearthnews.com/green-transportation/fuel-efficiency/car-usage-united-states.aspx:

  • Car usage in the United States Falls for the First Time in Decades. – Tingkat penggunaan mobil (seberapa banyak mobil digunakan) di Amerika Serikat turun untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade. Dalam kalimat itu, kata usage berarti seberapa banyak sesuatu digunakan.

Kalimat-kalimat berikut ini adalah contoh penggunaan yang salah dari masing-masing kata.

  • The usage of Internet at school will surely broaden the students’ horizon. – Penggunaan kata usage di sini TIDAK TEPAT. Ingat bahwa usage berarti bagaimana sesuatu (dalam konteks ini Internet) digunakan atau seberapa banyak sesuatu digunakan. Tentu tidak sesuai dengan konteks kalimat ini jika usage dipakai. Kata use seharusnya digunakan di sini, karena merujuk pada penggunaan Internet untuk tujuan tertentu, yakni memperluas cakrawala siswa.
  • The study tracks debit card use over the past five years. – Penggunaan kata use dalam kalimat ini TIDAK TEPAT. Ingat bahwa use berarti tindakan menggunakan sesuatu untuk tujuan tertentu. Makna ini tidak sesuai dengan konteks kalimat ini karena dalam kalimat ini tidak dijelaskan penggunaan debit card untuk tujuan apa. Mestinya, kata usage digunakan di sini karena yang dimaksud adalah bagaimana debit card digunakan, dan seberapa banyak kartu debit dipakai.
     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *