Upset, Angry, Mad: Apa Bedanya?

By | April 15, 2016

Ketiga kata ini termasuk dalam kategori kata sifat (adjective). Ketiganya mengisyaratkan perasaan atau emosi yang hampir sama, yakni tidak senang atau tidak suka karena sesuatu tak menyenangkan terjadi. Berbeda dengan angry/mad, kata upset tidak pernah bisa diletakkan sebelum kata benda.. Perbedaan lain adalah, kata upset digunakan untuk tingkat emosi atau perasaan tidak senang yang tak terlalu kuat.

UPSET

Kamus online http://www.oxforddictionaries.com/definition/english/upset menyebutkan kata ini berarti  unhappy, disappointed, or worried. Melihat definisi tersebut, kata ini memiliki cakupan makna yang luas: kecewa, risau, gundah, sedih, dan bahkan ada unsur marah. Tetapi, perasaan tidak senang ini tidak terlalu kuat. Maka, perasaan tidak senang ini lebih tampak dalam raut muka yang tampak murung atau lesu, misalnya, atau turunnya semangat akibat perubahan suasana batin, dan bukan raut muka merah padam.

Jadi, sekali lagi, kata ini sekedar berarti merasa tidak senang atau kecewa, dan tidak lazim digunakan untuk situasi-situasi ekstrim. Coba sobat perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • The passangers were upset about the flight delay. – Penumpang kecewa atas penundaan penerbangan itu. Dalam situasi seperti ini kata upset lebih sesuai. Orang tidak akan mendidih darahnya hanya karena penerbangan tertunda. Tentu, kalau tertundanya berjam-jam atau bahkan sehari semalam dan sobat harus menginap, saya yakin sobat akan marah, bukan sekedar kecewa.
  • He was upset when he learnt he failed the exam – Ia kecewa waktu tahu bahwa ia gagal ujian.

ANGRY

Kata ini berarti marah. Kata ini mengisyaratkan perasaan tidak suka yang sangat kuat terhadap sesuatu atau seseorang, jauh lebih kuat daripada upset, sehingga seolah Anda ingin berteriak atau menyakitinya. Maka, kata ini biasa digunakan dalam situasi-situasi ekstrim yang membuat darah Anda mendidih. Kalau sobat marah, perasaan atau emosi ini akan tampak dalam raut muka yang merah padam, bukan raut muka murung dan lesu. Coba perhatikan kalimat-kalimat ini:

  • I was angry at the police for not rescuing the boy. Saya marah pada polisi karena tidak menyelamatkan anak laki-laki itu.
  • “I warn you. Do not ever ever come into my room without knocking,”She said in an angry voice. – “Saya peringatkan. Jangan pernah masuk ke kamar saya tanpa mengetuk pintu,”katanya dengan suara marah.

MAD

Tentu, kata mad bisa berarti gila atau tidak waras akibat gangguan mental parah. Tetapi, kata ini juga mempunyai makna lain yang sama artinya dengan kata angry. Hanya saja kata ini lebih terdengar informal, dan lebih lazim digunakan oleh penutur asli American English.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *