United Kingdom vs Great Britain vs England

By | March 16, 2017

Sobat pembaca, pokok bahasan kita kali ini sebenarnya tidak terkait langsung dengan bahasa Inggris, tetapi dengan geografi, yakni nama-nama wilayah yang terkait erat dengan Kerajaan Inggris: United Kingdom, Great Britain, dan England. Tetapi, karena bahasa Inggris digunakan di wilayah ini, baik juga kita mengetahui perbedaan antara ketiga nama tersebut. Yang membingungkan adalah, dalam bahasa Indonesia kita sering menggunakan kata yang sama untuk mengacu pada ketiga sebutan itu, yakni Inggris. Padahal, masing-masing sebutan itu merujuk pada hal yang berbeda.

Untuk mengawali, sobat bayangkan dulu sebuah kepulauan yang terletak di barat laut Eropa Barat yang disebut British Isles. Wilayah kepulauan ini terdiri dari dua (2) pulau utama, yakni Great Britain dan Ireland, plus sekitar 6000 pulau kecil lain. Dalam bahasa Indonesia biasa disebut Britania Raya dan Irlandia.

Nah, di dalam pulau yang disebut Great Britain atau Britania Raya itu ada 3 negara, yakni England, Scotland, dan Wales. Masing-masing negara ini dikepalai oleh perdana menteri, yang dalam bahasa Inggris disebut First Minister. Sementara di pulau Ireland terdapat dua negara, yakni Republic of Ireland dan Northern Ireland.

Jadi, kalau sobat mendengar Great Britain atau Britania Raya atau Inggris Raya, sobat bayangkan wilayah luas yang terdiri dari 3 negara itu, dan wilayah yang disebut England – lagi-lagi juga disebut Inggris – adalah salah satu dari tiga negara sebagai bagian dari Britania Raya.

Nah, bagaimana dengan United Kingdom? Nama lengkapnya adalah United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, yaitu sebutan yang biasa digunakan untuk merujuk pada negara monarki berkedaulatan penuh yang terdiri dari tiga negara dalam Great Britain ditambah Irlandia Utara (Republik Irlandia TIDAK termasuk di dalamnya).

Dengan kata lain United Kingdom (UK) adalah sebuah kerajaan serikat. Dan nama yang panjang itu, lagi-lagi dalam bahasa Indonesia sering disingkat menjadi Kerajaan Inggris, yang sekarang dikepalai oleh Ratu Elizabeth II sebagai simbol negara, dan yang roda pemerintahannya berada ditangan seorang perdana menteri, yang disebut Prime Minister. Sementara perdana menteri (First Minister) dari masing-masing negara bagian itu berada di bawah Perdana Menteri (Prime Minister) Kerajaan Inggris.

Nah, kata sifat English biasa digunakan untuk menyebut hal-hal yang terkait dengan orang-orang yang mendiami England. Kata ini juga merujuk pada bahasa yang digunakan oleh penduduk England, yang sekarang menjadi bahasa internasional nomer satu di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *