Travel vs Journey vs Trip: Sama atau Beda?

By | June 19, 2016

Sebagai kata benda (noun), tiga kata yang menjadi topik bahasan kita kali ini semua bisa diartikan perjalanan. Pertanyaannya, apa bedanya? Mari kita coba bahas satu per satu.

TRAVEL

Kata ini bisa berfungsi sebagai kata benda (noun) dan kata kerja (verb). Sebagai kata benda, kata ini termasuk kata benda yang bisa dihitung. Bentuk jamak (plural) dari kata ini adalah travels. Kata ini berarti perjalanan dalam pengertian umum.. Yang dimaksud umum adalah, kalau sobat menggunakan kata ini, sobat tidak sedang berbicara tentang perjalanan spesifik dari mana mau ke mana, Misalnya, seorang teman bilang begini ke sobat,”Kamu kan suka ‘traveling’. Bagaimana kamu membiayai perjalananmu?” Atau, sobat mendengar teman sobat bercerita soal perjalanan yang dia lakukan selama di South Africa.

Yang dimaksud perjalanan dalam pertanyaan maupun cerita kawan sobat itu adalah perjalanan dalam pengertian umum, BUKAN perjalanan tertentu dari satu tempat ke tempat lain.

  • You like traveling a lot. How do you fund your travels?
  • My travels in South Africa were amazing.  – Perjalanan saya di South Africa sangat mengagumkan. Sobat perhatikan kalimat ini tidak menggunakan preposisi ‘to’ tetapi ‘in’, artinya perjalanan yang dimaksud adalah perjalanan selama di South Africa, bukan perjalanan ke South Africa. Dalam hal ini, tidak disebutkan secara spesifik perjalanan dari mana mau ke mana.
  • How were your travels in Papua? – Bagaimana perjalananmu di Papua? Sobat juga perhatikan bahwa kalimat ini tidak menggunakan ‘to’ tetapi ‘in’.

JOURNEY

Sebagai kata benda, kata ini juga berarti perjalanan. Yang dimaksud dengan perjalanan di sini adalah satu kali perjalanan dari satu tempat ke tempat lain melalui darat, laut, atau udara. Misalnya, suatu kali sobat melakukan perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta dengan kereta api. Inilah yang dimaksud dengan journey. Kalau kemudian sobat melanjutkan perjalanan, dari Jakarta ke Bandung, perjalanan dari Jakarta ke Bandung ini juga disebut journey. Dan ketika sobat melakukan perjalanan kembali ke Yogyakarta dari Bandung, ini juga disebut journey.. Kata ini juga dipakai untuk perjalanan yang biasa sobat lakukan sehari-hari, misalnya ke tempat kerja atau ke sekolah.

  • My journey to work is always exciting and enjoyable. – Perjalananku ke tempat kerja selalu menarik dan menyenangkan.
  • I made a long journey to Mexico last year. – Saya melakukan perjalanan panjang ke India tahun lalu.
  • During her bus journey to school, my sister threw up twice. – Selama perjalanan bus ke sekolah, adik perempuan saya muntah dua kali.

TRIP

Kata ini juga berarti perjalanan. Nah, berbeda dengan journey, kata trip mengacu pada seluruh proses perjalanan dari berangkat sampai pulang kembali. Coba sobat cermati penjelasan tentang journey di atas. Dari Yogyakarta ke Jakarta ke Bandung kembali ke Yogyakarta ada 3 journeys. Keseluruhan proses inilah yang disebut trip. Jadi, yang disebut trip adalah perjalanan ke suatu tempat, biasanya tinggal di sana (biasanya singkat), dan kembali lagi.. Kata ini bisa dipakai untuk perjalanan dekat sekalipun, seperti ke kebun binatang, misalnya.

  • I went on a business trip to Maccau. – Saya melakukan perjalanan bisnis ke Maccau. Meskipun kalimat ini tidak menyebutkan perjalanan pulang kembali, sobat mesti pahami bahwa trip selalu mengisyaratkan seluruh proses perjalanan dari keberangkatan hingga kepulangan.
  • The kids took a one day trip to the zoo. – Anak-anak melakukan perjalanan satu hari ke kebun binatang. Kata trip sekali lagi mengisyaratkan keseluruhan proses perjalanan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *