Touchy vs Touching: Perhatikan Bedanya!

By | May 26, 2019

Dua kata yang kita bahas kali ini termasuk dalam kategori ajektiva atau kata sifat. Dua ajektiva tersebut berasal dari kata yang sama, yakni verba touch, yang dalam bahasa Indonesia berarti menyentuh. Mari kita bahas perbedaan makna di antara kedua ajektiva ini.

TOUCHY

Kamus online McMillan Dictionary menyebutkan bahwa kata touchy berarti “becoming angry or upset very easily” – mudah marah, kecewa, tersinggung, ngambek, baper, dan sejenisnya. Kamus online yang lain, Cambbridge Dictionary juga memberikan definisi yang kurang lebih sama, yakni “easily offended or upset” – mudah tersinggung atau marah. Kalau sobat beberapa kali melontarkan gurauan (gurauan yang sama juga sobat lontarkan kepada teman yang lain) kepada seseorang, dan ternyata ia mudah sekali tersinggung, orang itu bisa disebut touchy. Jadi, kata ini bisa dipakai untuk mendeskripsikan sifat orang.

Kata ini juga digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang harus ditangani dengan hati-hati. Sebuah topik tertentu, misalnya soal agama, adalah topik yang touchy, yang sensitif dan harus ditangani dengan hati-hati. Kalau tidak, akan timbul hal-hal yang tidak kita inginkan. Perhatikan contoh-contoh berikut:

  • Be careful what you say to Tuti. She is rather touchy. – Hati-hati dengan yang kamu katakan ke Tuti. Ia agak mudah tersinggung.
  • This is a touchy topic. I think we should avoid discussing it. – Ini topik yang sensitif. Saya kira kita mesti menghindari diskusi soal itu.
  • Tuti is a touchy person. She can’t take a joke. – Tuti itu orang yang mudah tersinggung. Ia tidak bisa menerima gurauan.

TOUCHING

Ini adalah kata yang sama sekali berbeda dalam hal makna dengan kata sebelumnya. Dalam bahasa Indonesia sering diartikan menyentuh dalam pengertian mengharukan. Sesuatu yang disebut touching seringkali membuat orang merasa sedih, menimbulkan perasaan simpati, syukur, terima kasih, dan lain-lain. Sebuah film atau lagu yang dianggap touching biasanya membuat orang yang menonton atau mendengar hanyut, terbawa emosinya, bahkan menitikkan air mata. Berikut adalah contoh-contoh kalimatnya:

  • Forest Gump is one of the most touching movies of all time. – Forest Gump adalah salah satu film paling menyentuh sepanjang masa.
  • The song is so touching. It moved me to tears. – Lagu itu begitu menyentuh. Membuatku menangis.
  • I love the story. It was beautifully written, and it is one of the best heart touching stories I’ve ever read. – Saya suka ceritanya. Ditulis dengan indah, dan ia adalah salah satu cerita mengharukan terbaik yang pernah saya baca.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *