Tool vs Equipment

By | December 8, 2015

Sobat pembaca, harus dipahami bahwa kita bukan penutur asli Bahasa Inggris. Tidak mudah bagi sebagian besar dari kita untuk membedakan satu kata tertentu dengan kata lain yang mempunyai kemiripan makna, termasuk dua kata ini: tool dan equipment. Apa sih bedanya? Mari kita lihat satu per satu.

TOOL

Dalam bahasa Inggris kata ini masuk dalam kategori countable noun, kata benda yang bisa dihitung. Untuk memahami arti kata ini, coba sobat pembaca cermati ilustrasi berikut ini:

Suatu pagi di hari Minggu sobat pembaca sedang ingin membersihkan kaca jendela. Anda ingin menggunakan kain khusus pembersih kaca yang Anda beli tempo hari. Sayangnya, sobat pembaca tidak berhasil menemukannya. Karena kaca harus dibersihkan hari itu juga – sore harinya rumah Anda akan digunakan untuk pertemuan ibu-ibu RT – sobat kemudian menggunakan kaos bekas sebagai gantinya. Hasilnya, kaca jendela tetap bersih meskipun hanya menggunakan kaos bekas.

Dalam ilustrasi di atas, kaos bekas itu lah tool yang sobat pakai untuk mengerjakan sesuatu atau mencapai tujuan tertentu. So, dalam hal ini, you used a used T-shirt as a tool to clean the window pane. – Anda menggunakan kaos bekas sebagai alat untuk membersihkan kaca jendela.

Ilustrasi lain. Sobat sedang mempersiapkan sebuah pagelaran musik, dan sobat akan menampilkan sebuah band nge-top dari Inggris, Clean Bandit. Supaya konser musik ini sukses dan ditonton banyak orang, sobat pembaca memasang poster di banyak tempat. Dalam konteks ini, poster itu menjadi tool untuk mempromosikan konser musik. So, you believe that the posters will be an effective promotional tool for the music concert. – Anda percaya poster itu akan menjadi alat promosi yang efektif.

Apakah tool hanya berupa benda fisik? Tentu saja tidak. Apapun bisa menjadi tool. Ilustrasi yang saya berikan di atas adalah tool bagi saya untuk menjelaskan makna tool. So, I use a story as a tool to explain the meaning of tool.

Intinya, tool adalah APAPUN (termasuk benda-benda yang tampak tidak profesional sekalipun) yang sobat gunakan untuk mengerjakan sesuatu atau mencapai sesuatu. Dan jika tool itu berupa benda fisik, benda itu lazimnya bisa dengan mudah dipegang dan digunakan dengan tangan.

EQUIPMENT

Terjemahan yang tepat untuk kata ini adalah peralatan (bandingkan dengan tool, alat). Kata ini dalam bahasa Inggris dikategorikan sebagai collective noun, kata benda yang bermakna jamak (plural) tetapi tidak membutuhkan bentuk plural (jadi, tidak ada “equipments”). Peralatan berarti seperangkat tool atau alat yang digunakan untuk tujuan atau aktivitas tertentu. Artinya, seperangkat alat ini memang dirancang untuk membantu orang melakukan aktivitas tertentu.

Misalnya, ketika sobat sedang ingin melakukan kegiatan melukis di tepi sungai, sobat pembaca harus membawa seperangkat tool atau alat seperti kanvas lukis, stand lukis, kuas, palet, pisau palet, dan cat minyak. Kesemuanya ini sebagai keseluruhan disebut drawing equipment, atau peralatan lukis. Masing-masing alat itu disebut tool.

Equipment bersifat profesional, dan tidak bisa sembarangan. Maksudnya, kalau tool bisa berupa apapun – benar-benar apapun dalam arti sesungguhnya, seperti kaos bekas dalam ilustrasi di atas – tidak demikian dengan equipment. Sobat pembaca tidak bisa sekadar mengambil atau mengumpulkan apapun untuk digunakan untuk melukis. Peralatan itu haruslah yang memang dirancang untuk tujuan melukis.

Contoh lain. Ketika sobat hendak berkemah, tentu sobat memerlukan seprangkat tool seperti tenda, matras, sleeping bag, senter, kompor, tabung gas, lampu kabut, dan lain-lain. Kesemuanya ini sebagai keseluruhan disebut camping equipment.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *