Site icon englishforsma.com

Tiring vs Tiresome: Bedanya Apa?

Sobat pembaca, dua ajektiva yang kita bahas kali ini berasal dari verba yang sama, yaitu tire. Sebagai verba, kata tire bisa berperan sebagai verba transitif, artinya membutuhkan obyek, atau intransitif, artinya tidak membutuhkan obyek. Sebagai verba transitif kata tire berarti membuat seseorang lelah, dan sebagai verba intransitif berarti lelah.  Bentuk ajektivanya, tiring dan tiresome, sama-sama diartikan melelahkan. Lalu, apa bedanya?

TIRING

Ajektiva tiring menurut kamus online Merriam Webster berarti “causing weariness or lack of strength or energy” – menyebabkan lelah atau kekurangan energi. Dari definisi tersebut, sangat jelas bahwa yang dimaksud adalah menyebabkan lelah fisik. Tenis dan badminton, misalnya, adalah dua contoh olah raga yang menguras energi, melelahkan secara fisik. Begitu juga dengan mengangkat barang-barang berat, lari maraton, dan kegiatan-kegiatan lain yang melelahkan secara fisik.

TIRESOME

Ajektiva ini juga diartikan melelahkan dalam bahasa Indonesia. Kamus online Collins Dictionary menyebutkan bahwa kata ini berarti “causing or liable to cause a person to tire” – menyebabkan atau berpotensi menyebabkan seseorang lelah. Tetapi, di kamus yang sama, kata ini juga diartikan membosankan, menjengkelkan. Dari definisi tersebut, jelas bahwa kata ini berarti melelahkan secara mental, bukan fisik. Sesuatu yang menjengkelkan dan membosankan tentu melalahkan secara mental.

Semoga membantu.

Exit mobile version