Tiring vs Tiresome: Bedanya Apa?

By | February 7, 2022

Sobat pembaca, dua ajektiva yang kita bahas kali ini berasal dari verba yang sama, yaitu tire. Sebagai verba, kata tire bisa berperan sebagai verba transitif, artinya membutuhkan obyek, atau intransitif, artinya tidak membutuhkan obyek. Sebagai verba transitif kata tire berarti membuat seseorang lelah, dan sebagai verba intransitif berarti lelah.  Bentuk ajektivanya, tiring dan tiresome, sama-sama diartikan melelahkan. Lalu, apa bedanya?

TIRING

Ajektiva tiring menurut kamus online Merriam Webster berarti “causing weariness or lack of strength or energy” – menyebabkan lelah atau kekurangan energi. Dari definisi tersebut, sangat jelas bahwa yang dimaksud adalah menyebabkan lelah fisik. Tenis dan badminton, misalnya, adalah dua contoh olah raga yang menguras energi, melelahkan secara fisik. Begitu juga dengan mengangkat barang-barang berat, lari maraton, dan kegiatan-kegiatan lain yang melelahkan secara fisik.

  • For some people working out could be tiring despite the fact that it keeps you healthy. – Bagi beberapa orang berolah raga itu melelahkan (secara fisik) meskipun olah raga juga menjaga kita tetap sehat.
  • Commuting by bus from home to work is stressful and tiring. – Melakukan perjalanan dengan bus dari rumah ke tempat kerja bolak-balik itu membuat stres dan melelahkan (secara fisik).

TIRESOME

Ajektiva ini juga diartikan melelahkan dalam bahasa Indonesia. Kamus online Collins Dictionary menyebutkan bahwa kata ini berarti “causing or liable to cause a person to tire” – menyebabkan atau berpotensi menyebabkan seseorang lelah. Tetapi, di kamus yang sama, kata ini juga diartikan membosankan, menjengkelkan. Dari definisi tersebut, jelas bahwa kata ini berarti melelahkan secara mental, bukan fisik. Sesuatu yang menjengkelkan dan membosankan tentu melalahkan secara mental.

  • Living in a big city like Surabaya or Jakarta could be tiresome. – Hidup di kota besar seperti Surabaya atau Jakarta bisa melelahkan secara mental.
  • Listening to a dull lecture for hours is so tiresome. – Mendengarkan kuliah yang membosankan selama berjam-jam itu sungguh melelahkan secara mental.

Semoga membantu.

Author: Noeg

English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen − 15 =