The Whole Nine Yards

By | March 12, 2018

Sobat mungkin pernah mendengar atau bahkan menonton film berjudul The Whole Nine Yards. Film tersebut dikategorikan sebagai black comedy atau komedi hitam atau komedi gelap, jenis film komedi yang mengajak penonton untuk menertawakan hal-hal yang sebenarnya tidak pantas untuk ditertawakan. Film komedi hitam ini dirilis tahun 2000, dibintangi Bruce Willis dan Mathew Perry.

Lalu, apa arti ungkapan tersebut sebenarnya? Situs Urban Dictionary menyebutkan bahwa ungkapan tersebut berarti everything that is available – semua atau segala yang tersedia atau ada. Kamus online Cambridge Dictionary memberikan definisi yang kurang lebih sama: everything you can possibly want, have, or do in a particular situation – semua yang mungkin Anda inginkan, punyai, atau lakukan dalam situasi tertentu.

Ada berbagai macam versi cerita di balik ungkapan ini. Beberapa orang mengaitkan ungkapan ini  dengan football, karena kata yard dianggap sebagai kata terpenting dalam olah raga ini. Yang lain percaya bahwa frasa ini erat kaitannya dengan peluru-peluru yang dimuntahkan senapan mesin pada Perang Dunia II. Ada juga yang berpendapat frasa ini merujuk pada jumlah bahan yang dibutuhkan untuk membuat jas laki-laki. Bahkan ada yang bilang, frasa ada hubungannya dengan jumlah bahan yang dibutuhkan untuk membuat sari, pakaian tradisional yang biasa dipakai perempuan-perempuan India!!

Entah versi mana yang benar, dan entah bagaimana masing-masing versi itu bisa menjelaskan ungkapan the whole nine yards. Tidak ada yang tahu persis. Bahkan frasa ini telah dinobatkan sebagai teka-teki etimologis paling membingungkan selama beberapa dekade. Bahkan, seorang linguist menyebutnya “the bigfoot of word origins”, saking misteriusnya.

Situs Today I Found Out mencoba menelusuri asal-usul frasa ini. Menurut situs ini dua artikel yang dimuat di harian The Mount Vernon Signal Kentucky pada tahun 1912 diketahui menggunakan ungkapan the whole six yards. Dan frasa tersebut mempunyai arti yang kurang lebih sama dengan ungkapan the whole nine yards sebagaimana dipahami orang saat ini. Hanya saja, tidak diketahui bagaimana kata six kemudian berubah menjadi nine.

Bagaimanapun asal-usul ungkapan ini, yang jelas ungkapan the whole nine yards populer dalam American English. Dan ungkapan ini berarti everything – semuanya, keseluruhannya. Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan ungkapan tersebut:

  • I know that this is going to be hard, but I’ll do my best to succeed. I’ll go the whole nine yards. – Saya tahu ini akan sulit, tetapi saya akan melakukan yang terbaik untuk berhasil. Saya akan lakukan semuanya/habis-habisan.
  • This task is difficult. We need a person who can go the whole nine yards. – Tugas ini sulit. Kita membutuhkan orang yang bisa melakukan semuanya/ segalanya.
  • The store has a little bit of everything, the whole nine yards. – Toko itu punya apapun, semuanya.
  • If you want to run for presidency, you have my support. I’ll be with you the whole nine yards. – Kalau kamu mau mencalonkan diri jadi presiden, saya mendukungmu. Saya akan bersama dengan kamu sepenuhnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *