The Wedding Crashers

By | May 27, 2018

Tahun 2005 lalu, Tapresty Films, sebuah perusahaan film Amerika Serikat, merilis sebuah film komedi berjudul Wedding Crashers. Film yang dibintangi oleh Owen Wilson dan Vince Vaughn itu menembus box office dengan perolehan 285,2 juta dolar Amerika. Film yang disutradai oleh David Dobkin tersebut bercerita tentang dua orang pria hidung belang yang mempunyai kebiasaan buruk mendatangi pesta-pesta pernikahan – meskipun tak diundang – untuk bertemu dan mengencani perempuan-perempuan yang mereka temui di pesta.

Perilaku kedua laki-laki tersebut sedikit banyak tersirat dalam judulnya: Wedding Crashers. Sobat pasti tahu artinya wedding. Bagaimana dengan crasher? Kata ini berasal dari verba crash, yang oleh kamus slang online Urban Dictionary diartikan sebagai “to show up somewhere uninvited or unexpectedly” – muncul (datang) di suatu tempat tanpa diundang atau tanpa diharapkan.

Kamus yang sama juga menyebutkan bahwa wedding crasher berarti “someone who attends a wedding uninvited” – seseorang yang menghadiri pesta pernikahan tanpa diundang. Pesta pernikahan yang besar rentan didatangi oleh tamu-tamu tak diundang karena ada begitu banyak orang hadir, dan tamu-tamu tak diundang sulit dikenali. Tetapi, pesta pernikahan sederhana yang hanya dihadiri oleh keluarga mempelai tidak menarik para wedding crasher.

Di Amerika Serikat, tamu-tamu tak diundang ini biasanya membuat onar dengan minum terlalu banyak hingga mabuk. Itu karena mereka tidak mengenal pasangan pengantin atau siapapun di pesta itu, dan oleh karena itu mereka tidak punya rasa hormat kepada siapapun. Apakah tamu-tamu yang tidak diharapkan kedatangannya tersebut selalu merusak pesta? Tentu tidak, meskipun pada umumnya iya.

Ada suatu kasus ketika dua tamu tak diundang justru meninggalkan kartu ucapan yang sangat unik dan menyentuh. Si pengantin malah menyampaikan ucapan terima kasih kepada tamu tak diundang tersebut melalui akun facebook-nya. Dia mengatakan,”Id like to thank everyone who shared our special day with us… especially these 2! Well played my friends… well played!!!” Yang dimaksud especially these 2 dalam status facebooknya tersebut adalah dua orang wedding crasher yang menghadiri pesta pernikahannya tanpa diundang.

Bagaimana dengan di Indonesia? Apakah ada wedding crasher? Ada juga. Tetapi, biasanya mereka tak sampai merusak suasana pesta. Mereka biasanya datang hanya untuk numpang makan. Hahahahaha …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *