Talk vs Speak: Sama atau Beda?

By | November 29, 2015

Pilihan antara talk to/with dan speak to/with tidak terkait dengan persoalan makna, tetapi lebih terkait dengan persoalan formal/informalnya situasi kedua ungkapan tersebut digunakan. Mari kita bahas masing-masing kata.

TALK

Kata ini berarti bebicara, dan kerap digunakan dalam situasi informal, entah lisan mapun tulisan. Jika sobat pembaca suatu saat bertemu dengan teman yang sudah sobat kenal dengan baik, dan dengan demikian situasi yang tercipta cenderung informal, sobat lebih baik menggunakan kata talk ketika sobat menginginkan untuk berbicara dengannya. Misalnya, sobat pembaca bisa mengatakan:

  • Can I talk to/with you for a minute?  – Apakah saya bisa bicara sebentar?

Catatan: talk with tidak lazim digunakan dalam Brtish English, dan lebih banyak digunakan dalam American English.

SPEAK

Speak juga berarti berbicara. Speak adalah bentuk yang formal dari kata talk. Maka, dalam situasi formal, entah lisan atau tulis, silakan sobat menggunakan ungkapan tersebut. Situasi formal bisa muncul ketika sobat pembaca ingin berbicara dengan orang yang tidak sobat kenal dengan baik. Situasi formal juga muncul dalam pertemuan-pertemuan formal seperti seminar atau konferensi.

Ketika sobat menelepon dan mengatakan kepada operator telepon sebuah perusahaan bahwa sobat ingin berbicara dengan pemilik perusahaan, situasi formal mau tidak mau akan muncul, yang pertama karena sobat tidak mengenal sang operator telepon, dan kedua pemilik perusahaan itupun orang yang baru sobat jumpai beberapa waktu sebelumnya, dan tidak sobat kenal dengan baik.

Dalam situasi seperti itu, silakan sobat mengatakan, misalnya:

  • Can I speak to/with  Mr. Heru Rangkuti? – Apakah saya bisa berbicara dengan Mr. Heru Rangkuti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *