Sway vs Swing: Beda Apa Sama Sih?

By | October 21, 2016

Kedua kata yang kita bahas kali ini, sobat pembaca, termasuk dalam kategori verba atau kata kerja. Sway dan swing secara umum mempunyai kemiripan arti, tetapi mempunyai nuansa makna berbeda, sehingga tidak bisa dipertukarkan. Kata sway adalah kata kerja beraturan, sementara swing termasuk kata kerja tak beraturan. Bentuk past dan pasti participlenya adalah swung.

SWAY

Untuk mengartikan kata ini dalam bahasa Indonesia, sobat coba bayangkan tirai tipis jendela yang bergerak-gerak tertiup angin yang berhembus dengan lembut. Atau jembatan tali yang cukup panjang, yang bergoyang ke kiri ke kanan karena tiupan angin yang cukup kencang. Atau bangunan yang sangat tinggi seperti menara dan gedung pencakar langit yang bergoyang-goyang karena angin, meskipun bangunan-bangunan ini tetap bisa menjaga kestabilannya sendiri.

Jadi, kata kerja ini digunakan untuk menggambarkan gerakan atau goyangan seperti itu. Gerakan atau goyangan nan lembut dan halus (dalam bahasa Inggris disebut gentle movement). Bukan gerakan yang sangat ekstrim. Bukan berayun-ayun. Coba perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • The horse’s croup began to sway when she walked. – Bagian atas pinggul kuda itu mulai bergoyang ketika dia berjalan.
  • The Tacoma Bridge was designed in such a way that it would be able to catch the wind and sway. – Jembatan Tacoma dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menangkap angin dan bergoyang.

SWING

Kata ini berbeda dengan kata sebelumnya. Kata ini lebih tepat diartikan berayun. Sobat bisa membayangkan masa kecil Anda ketika bermain-main dengan ayunan dari ban bekas, yang digantung dengan tali dan diikatkan ke salah satu cabang pohon yang cukup kuat. Mainan ini dirancang untuk berayun, bukan sekedar bergerak-gerak atau bergoyang saja. Berayun berarti bergantung dan bergerak ke depan dan ke belakang.

Sobat juga bisa membayangkan pendulum yang berayun-ayun dari satu sisi ke sisi lain. Gerakannya ekstrim, dari satu sisi ke sisi lain, bukan sekedar bergoyang, bergerak-gerak lembut dan halus.

  • The pendulum swings back and forth at a regular period. – Pendulum berayun-ayun secara teratur.
  • The door swung shut because of the wind. – Pintunya berayun tertutup karena angin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *