Site icon englishforsma.com

Stop vs Quit: Apa Bedanya?

Sobat pembaca englishforsma.com, dua kata kerja yang kita bahas kali ini, stop dan quit mempunyai kedekatan makna. Keduanya terkait dengan makna ‘berhenti’ atau ‘menghentikan’. Tetapi, itu tidak berarti dua kata ini sama artinya. Masing-masing mempunyai konotasi makna yang berbeda. Dalam situasi tertentu bisa saling menggantikan, dan dalam situasi lain tidak. Mari kita bandingkan kedua kata ini dengan mengikuti beberapa butir penjelasan berikut ini:

Poin 1. Menurut Longman Language Activator, kata stop digunakan untuk mengatakan bahwa seseorang berhenti melakukan suatu kegiatan. Dalam hal ini kata kerja ini diikuti gerund  (verb-ing yang dibendakan).

Kata quit juga mempunyai pengertian itu, Bedanya, kata ini lebih lazim digunakan untuk mengatakan berhenti melakukan sesuatu YANG MENJENGKELKAN ORANG LAIN. Oleh karena itu kata ini tidak bisa digunakan untuk menggantikan kata stop dalam contoh kalimat atas.

Poin 2. Kata ini juga dipakai untuk mengatakan sesuatu (mesin, misalnya) berhenti bekerja, bergerak, berfungsi, dan lain-lain. Dalam hal ini, quit TIDAK BISA menggantikan.

Poin 3. Menurut Longman Language Activator, kata stop juga digunakan untuk mengatakan sesuatu (hujan, mesin, dan lain-lain) berhenti. Dalam hal ini, kata ini bisa berfungsi tanpa diikuti obyek berupa frasa nomina atau verba. Quit TIDAK BISA menggantikan.

Poin 4. Kata stop bisa berarti menghentikan sesuatu. Dalam pengertian ini kata quit TIDAK BISA menggantikan.

Poin 5. Kata quit mempunyai makna yang TIDAK dipunyai kata stop. Sobat silakan gunakan kata ini jika sobat ingin mengatakan sobat berhenti melakukan sesuatu sebelum sobat berhasil menyelesaikannya.

Exit mobile version