State vs Country vs Nation: Mau Tahu Bedanya?

By | June 14, 2017

Sobat pembaca, tiga nomina berikut ini – state, country, dan nation – mempunyai kedekatan makna. Ada persilangan makna di antara ketiga kata tersebut. Meskipun demikian, tidak berarti ketiganya bermakna sama. Tentu tidak. Masing-masing mempunyai artinya sendiri, dan digunakan secara berbeda. Mari kita bahas satu per satu.

STATE/COUNTRY

Kamus online Longman mendefinisikan kata state sebagai “a country considered as a political organization“. Kamus online Oxford Dictionary juga menyebutkan bahwa kata ini berarti “a nation or territory considered as an organized political community under one government“. Jadi, menurut kedua kamus online tersebut, kata ini diartikan ‘negara’, dan dengan demikian mempunyai arti yang sama dengan country.

Dalam arti negara dalam pengertian sebuah wilayah berdaulat dengan batas-batas yang diakui secara internasional yang dikontrol oleh satu pemerintah, kata ini sinonim dengan kata country, dan bisa dipertukarkan. Kalau sobat ingin menyebutkan negara-negara Eropa, misalnya, sobat bisa menggunakan yang manapun dari kedua kata tersebut: European states/countries. Itali dan Jerman keduanya bisa disebut state atau country. Demikian juga Indonesia, Singapore, atau negara-negara lain.

Tetapi, kata state bisa juga berarti negara bagian. Artinya, negara-negara ini berada di bawah kendali satu pemerintah pusat. Amerika Serikat, misalnya, terdiri dari 50 negara bagian. Negara-negara bagian ini berwenang mengatur pemerintahannya sendiri sejauh tidak melenceng dari batas-batas yang ditetapkan Konstitusi Amerika Serikat. Australia juga terdiri dari negara-negara bagian. Negeri Kanguru itu terbagi ke dalam 6 negara bagian. Sementara itu, India di Asia Selatan terdiri dari 29 negara bagian. Nah, dalam pengertian ini, kata state TIDAK bisa digantikan oleh country.

Kata state juga dipakai untuk menjelaskan bahwa sesuatu didanai, dijalankan, atau dimiliki oleh negara/pemerintah. Dalam hal ini, kata ini berfungsi seperti ajektiva. Maka, sobat pasti pernah mendengar istilah sekolah negeri, perguruan tinggi negeri, bank negara, rumah sakit negeri: state schools/universities/banks/hospitals. Nah, kata country tidak bisa digunakan di sini: country schools/universities/banks/hospital (X).

NATION

Kata ini lazimnya diartikan bangsa dalam bahasa Indonesia, dan itu berarti kata ini merujuk pada orang-orang yang mendiami sebuah negara. Menurut kamus online Oxford Dictionary kata ini didefinisikan sebagai “A large body of people united by common descent, history, culture, or language, inhabiting a particular state or territory” – Orang-orang yang disatukan oleh keturunan, sejarah, budaya, atau bahasa yang sama, yang mendiami wilayah atau negara tertentu.

Tetapi, persoalannya, orang-orang ini, yang mendiami wilayah tertentu TIDAK BISA dipisahkan dari wilayah atau negara yang didiaminya. Maka, tidak heran jika kata ini juga sering dipakai untuk merujuk pada orang-orang dan negaranya sekaligus sebagai satu kesatuan. Kamus online Cambridge Dictionary juga mendefinisikan kata ini demikian,”a country, especially when thought of as a large group of people living in one area with their own government, language,traditions, etc.” – negara, khususnya ketika dibayangkan sebagai sekelompok besar orang yang mendiami suatu area atau wilayah dengan pemerintahan, bahasa, dan tradisi mereka sendiri.

  • Indonesia is a great nation. – Indonesia adalah bangsa yang besar.
  • All nations are represented at the conference. – Semua bangsa terwakili dalam konferensi itu. Di sini, mau tidak mau kita berpikir tentang orang-orang dan wilayahnya sebagai satu kesatuan.
  • The United Nations. – Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dalam hal ini mau tidak mau kita berpikir tentang orang-orang dan wilayahnya sekaligus.

Kesimpulannya begini. Sobat silakan gunakan kata state atau country kalau yang sobat maksud adalah negara dalam pengertian tempat, wilayah atau area. Silakan sobat menggunakan kata nation kalau yang ada dalam benak sobat adalah orang-orang yang mendiami negara tertentu sekaligus wilayah negaranya sebagai satu kesatuan.

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

2 thoughts on “State vs Country vs Nation: Mau Tahu Bedanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *