Source vs Resource: Apa sih Bedanya?

By | March 9, 2017

Sobat pembaca setia englishforsma.com kali ini kita akan membahas dua nomina yang sekilas mirip meskipun sebenarnya mempunyai arti berbeda, yakni source dan resource. Dalam bahasa Indonesia, kata pertama sering diartikan sumber dan kata kedua diartikan sumber daya. Mari kita bahas satu per satu.

SOURCE

Kata ini berarti sumber dalam bahasa Indonesia. Kata ini termasuk dalam kategori kata benda yang bisa dihitung (countable noun), dan bentuk jamaknya adalah sources. Kamus online The Free Dictionary mendefinisikan kata ini sebagai “A person or thing from which something comes into being or is derived or obtained“. Kamus yang sama juga menyebutkan bahwa kata ini juga berarti “The point or place from which something originates“.

Jadi, menurut kamus tersebut, yang disebut source atau sumber adalah seseorang, sesuatu, atau tempat yang menjadi asal sesuatu. Sumur itu contoh sumber. Air yang kita gunakan sehari-hari berasal dari situ. Aliran sungai pasti mempunyai tempat awal, titik pertama air sungai itu berasal dan kemudian mengalir.

Tenaga listrik yang membuat lampu menyala di rumah sobat juga mempunyai titik awal yang menjadi sumber. Demikian juga ketika sobat mendapatkan informasi dari seorang teman. Nah, teman sobat itulah yang disebut source of information.

  •  He is the best source of information. – Dia sumber informasi terbaik.
  • You need to find out the source of your distress. – Kamu harus menemukan sumber stresmu.
  • Pumpkin is a good source of iron. Labu adalah sumber besi yang baik.

RESOURCE

Dalam bahasa Indonesia, kata ini sering diartikan sumber daya, misalnya human resources (sumber daya manusia) dan natural resources (sumber daya alam). Menurut kamus online Cambridge Dictionary kata ini berarti “A useful or valuable possession or quality of a country, organization, or person” – Aset berguna atau berharga yang dipunyai negara, organisasi, atau orang. Lazimnya, aset ini digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Perlu dicatat bahwa kata ini lazimnya digunakan dalam bentuk jamak.

  • Books and peer-reviewed journals are great resources for students. – Buku dan jurnal yang sudah diulas (oleh sesama ahli) adalah sumber daya (aset) besar bagi mahasiswa.
  • We need more resources to eradicate poverty. – Kita perlu lebih banyak sumber daya untuk memerangi kemiskinan.

Sesuatu bisa menjadi source atau resource sekaligus, tergantung mana yang kita maksud. Ambil contoh library. Perpustakaan bisa menjadi sumber tempat pengetahuan atau informasi berasal. Tetapi juga bisa dianggap sebagai aset berharga untuk mencapai tujuan tertentu.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *