So Far vs By Far: Apa Bedanya?

By | December 31, 2018

Sobat pembaca setia, untuk menutup tahun 2018 ini, englishforsma.com menampilkan satu artikel mengenai dua frasa yang sering kali membuat pembelajar bahasa Inggris kebingungan, mana yang harus digunakan: so far dan by far. Meskipun tampak mirip, tidak berarti kedua ungkapan tersebut digunakan dengan cara yang sama. Dalam bahasa Inggris, masing-masing ungkapan dipakai secara berbeda. Mari kita bahas masing-masing ungkapan.

SO FAR

Kamus online MacMillan Dictionary menyebutkan bahwa ungkapan ini berarti “until now” – sampai saat ini. Kamus online yang lain, Collins Dictionary, menyebutkan bahwa frasa ini digunakan untuk menyampaikan atau menceritakan apa yang telah terjadi sampai titik waktu saat ini. Jadi, ungkapan ini mengisyaratkan apa yang telah terjadi hingga titik waktu ini, dimulai dari suatu titik waktu tertentu di waktu lampau. Maka, ungkapan ini lazimnya digunakan bersama dengan the present perfect tense.

  • Which performance have you ejoyed most so far? – Penampilan yang mana yang paling kamu nikmati sejauh ini?
  • I have visited three Asian countries so far. – Saya telah mengunjungi 3 negara Asia sampai saat ini.
  • She’s been quite good to me so far. – Dia bersikap baik kepada saya sejauh ini.

Tetapi, ungkapan ini juga bisa digunakan untuk mengatakan bahwa sejauh ini atau sampai saat ini sesuatu/ seseorang lebih baik/cantik/mahal/dan sebagainya dibanding sesuatu/seseorang yang lain, atau bahwa sejauh ini sesuatu/seseorang itu paling baik/cantik/mahal/dan sebagainya dibanding yang lain.

  • This is the best one so far. – Ini yang terbaik sejauh ini.
  • He is doing better than anyone else so far. – Sejauh ini, dia melakukan lebih baik daripada yang lainnya.

Yang perlu sobat perhatikan adalah, perbandingan yang dimaksud bukanlah perbandingan final. Dalam kalimat pertama, misalnya, ketika sobat mengatakan ‘Ini yang terbaik sejauh ini’ sobat sedang mengisyaratkan bahwa sobat masih menunggu yang lain, siapa tahu ada yang lebih baik. Sekali lagi, bukan perbandingan final.

BY FAR

Bagaimana dengan ungkapan ini? Menurut kamus online thefreedictionary.com, ungkapan by far berarti ‘to the greatest degree, by a large margin‘. Ungkapan ini digunakan untuk membuat perbandingan, dan di dalam perbandingan tersebut, secara implisit menunjukkan perbedaan yang besar. Jadi, maksudnya, sobat akan menggunakan ungkapan ini untuk mengatakan bahwa sesuatu/seseorang lebih baik/cantik/mampu/mahal/dan sebagainya daripada sesuatu/seseorang yang lain, atau bahwa sesuatu/seseorang paling baik/cantik/mampu/mahal/dan sebagainya dibanding semua yang lain.

  • She is by far the best performer. – Dia penampil terbaik (dan jauh lebih baik) dibanding penampil lain.
  • She is by far more beautiful than her sister. – Dia jauh lebih cantik daripada adiknya.

Dari penjelasan dan dua contoh kalimat di atas, sobat bisa melihat bahwa ungkapan ini mempunyai fungsi yang sama dengan fungsi kedua ungkapan so far. Ya, benar, memang demikian. Tetapi, perlu sobat perhatikan bahwa perbandingan yang dimaksud adalah perbandingan final. Maksudnya, ketika sobat mengatakan,”She is by far the best performer“, sobat sedang mengatakan bahwa penilaian sobat itu final, dan sobat TIDAK sedang menunggu dan hendak membandingkan dengan penampil lain yang mungkin lebih baik.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *