Site icon englishforsma.com

Small vs Little: Apa Bedanya?

Sobat pembaca, pokok bahasan kita kali ini adalah kata small dan little. Dua kata yang termasuk dalam kategori ajektiva ini sering diartikan sebagai kecil atau sedikit. Tetapi, makna ‘kecil’ yang terkandung dalam masing-masing kata itu berbeda. Coba sobat mencermati kalimat dalam percakapan singkat berikut ini:

Budi: Sus, katanya ada murid baru ya di kelas kita.
Susi: Iya, bener. Si Tamrin. Orangnya kecil, putih. Tapi pinter sih kayaknya.

Sobat pembaca pasti bisa merasakan bahwa kata kecil dalam kalimat bahasa Indonesia tersebut berkaitan dengan fisik si murid baru itu. Kecil dalam kalimat itu kira-kira berarti tidak tinggi dan tidak gemuk. Nah, untuk mengungkapkan makna ini, kata small digunakan, BUKAN little.

Jadi, kata ini berarti kecil dalam arti ukuran tubuh.

Bagaimana dengan kata little? Kata ini juga berarti kecil, tetapi dengan konotasi makna yang berbeda. Coba perhatikan percakapan singkat berikut ini:

Budi: Sus, topik seperti ini bukan untuk Marni lah.
Susi: O iya, maaf. Lupa kalau dia masih kecil.

Sobat pembaca, saya yakin, pasti mengerti kalau makna kata kecil dalam kalimat tersebut berbeda dengan makna kata kecil dalam percakapan sebelumnya. Kata kecil di sini terkait usia, dan kira-kira berarti muda, belum dewasa. Untuk mengungkapkan makna ini, kata little digunakan.

Selain itu, kata small dan little juga mengandung makna ‘sedikit’. Dalam hal ini, kata small dan little digunakan dengan cara berbeda. Bandingkan dua kalimat berikut ini:

Coba sobat perhatikan bahwa kata small diikuti dengan kata amount (untuk uncountable noun) untuk mengungkapkan makna sedikit. Kata small juga bisa diikuti kata number (berarti jumlah, untuk kata benda yang bisa dihitung).

Dalam kalimat kedua, kata little digunakan langsung sebelum kata bendanya untuk mengungkapkan makna ‘tidak cukup’ atau sedikit.

Exit mobile version