Simple vs Easy: Apa Sih Bedanya?

By | January 29, 2017

Sobat setia englishforsma.com, topik bahasan kita kali ini adalah dua ajektiva yang sekilas tampak sama dalam hal makna meskipun sebenarnya sama sekali berbeda, yakni simple dan easy. Kata pertama sering diartikan sederhana, kata kedua sering diartikan mudah. Dalam kehidupan sehari-hari sobat kerap menemui sesuatu yang simple (sederhana) dan easy (mudah) sekaligus. Tetapi, sesuatu yang sederhana kadang-kadang tidak mudah. Lalu, apa sebenarnya perbedaan keduanya?

SIMPLE

Kata ini diartikan sederhana. Antonim dari kata ini adalah complex atau rumit. Kalau sobat membeli mesin cuci, dan ketika sekali membaca instruksinya sobat paham, itu berarti instruksi yang diberikan sederhana, tidak rumit, mudah dipahami. Kata inilah yang sobat mesti gunakan.

Ketika sobat ingin memasak satu jenis makanan tertentu dan mengambil buku resep makanan, membaca salah satu resep yang ada di situ dan mendapati bahwa bahan-bahan untuk masakan itu mudah didapat, alat-alat masaknya sederhana, langkah-langkah memasaknyapun terpahami dengan mudah, resep ini bisa disebut simple recipe.

Berhenti merokok itu simple. Anda berhenti beli rokok. Demikian juga dengan menurunkan berat badan. Sobat tinggal mengurangi konsumsi kalori. Sederhana, tidak rumit, tidak ribet.

Lalu, apakah instruksi yang sederhana selalu mudah dilakukan? Belum tentu. Apakah resep sederhana itu mudah dipraktikan? Belum tentu. Secara teori berhenti merokok itu gampang. Apakah itu berarti mudah dipraktikkan? Tidak juga. Secara teori menurunkan berat badan itu sederhana. Apakah itu berarti mudah dilakukan? Tidak juga. Sesuatu yang sederhana secara teori, belum tentu mudah dilakukan.

Jadi, sesuatu yang SIMPLE dalam teori, belum tentu EASY saat dilakukan dalam tindakan.

  • Loosing weight is simple. You just eat less calories. – Menurunkan berat badan itu sederhana. Anda tinggal mengkonsumsi sedikit kalori.
  • To quit smoking is simple. Don’t buy any cigarettes. – Berhenti merokok itu sederhana. Jangan beli rokok.

EASY

Bagaimana dengan kata ini? Kata ini sering diartikan mudah. Antonim dari kata ini adalah difficult. Sesuatu disebut mudah ketika sesuatu itu tidak membutuhkan usaha yang keras untuk melakukannya. Misalnya, dalam sebuah ujian Matematika, sobat bisa mengerjakannya dengan cepat tanpa kesulitan, dan mampu menyelesaikannya tanpa usaha keras, ujian Matematika itu bisa disebut easy. Sekali lagi, kata ini terkait dengan saat sobat mengerjakan sesuatu (tugas, pekerjaan, dan lain-lain).

Contoh lain, ketika sobat mempraktikkan resep masakan tertentu dan sobat tak menemui kesulitan dan sobat tak memerlukan upaya keras untuk menyelesaikannya, resep itu easy. Mari kita lihat contoh-contoh kalimat ini.

  • It is a simple and easy recipe. – Resep ini sederhana dan mudah.
  • Writing is simple. You just sit and write. But, it is not easy. – Menulis itu sederhana. Anda tinggal duduk dan menulis. Tetapi, itu tidak mudah.

Kesimpulannya begini. Sobat silakan gunakan kata simple untuk menggambarkan sesuatu yang tidak rumit, tidak ribet, dan gampang dimengerti. Kata ini banyak berkaitan dengan teori dan konsep. Sobat silakan gunakan kata easy untuk menggambarkan sesuatu yang tak sulit dikerjakan dan tak butuh banyak upaya keras. Kata ini terkait dengan tugas, pekerjaan, tindakan.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *