Shore, Coast, Beach: Apa bedanya?

By | February 1, 2016

Sobat pembaca, ketiga kata tersebut sering diartikan sebagai pantai atau pesisir. Pantai dalam pengertian umum bahasa kita adalah batas antara daratan dan laut. Meskipun ketiga kata tersebut bisa diartikan sebagai pantai, masing-masing kata sebenarnya merujuk pada tiga hal yang berbeda.

Shore dan beach adalah area daratan yang bertemu langsung dengan air, sementara coast mencakup area yang dimulai dari titik terjauh shore hingga beberapa puluh atau ratus meter setelahnya. Kalau kita letakkan dalam urutan: tepi laut, shore, kemudian coast. Mari kita cermati satu per satu.

SHORE

Kata shore menurut kamus berarti daratan sepanjang tepi laut/samudera, danau yang besar, atau sungai. Jadi, shore adalah istilah yang tak hanya digunakan untuk mengacu pada daratan yang berbatasan dengan laut, tetapi juga daratan yang berbatasan dengan danau, bahkan sungai.

Dalam pengertian daratan sepanjang tepi laut, shore adalah area daratan yang langsung bertemu dengan air laut sampai titik terjauhnya (titik tertinggi air pasang). Maka, tidak mengherankan jika kata shore digunakan dalam kalimat ini, yang secara jelas menunjukkan bahwa shore langsung berbatasan dengan air:

  • The man quickly jumped into the sea and swam fast to the shore. – Laki-laki itu dengan cepat melompat ke laut dan berenang ke pantai.

COAST

Coast menurut kamus berarti daratan yang dekat dengan tepi laut. Tetapi sebenarnya kata coast mengacu pada area yang dimulai dari titik terjauh shore (titik terjauh yang bisa dijangkau air pasang) sampai beberapa puluh atau ratusan meter setelahnya dari titik tertinggi air pasang itu. Kata yang tepat untuk coast dalam bahasa kita adalah pesisir.

Untuk memahami pengertian kata coast, kalimat dalam bahasa Indonesia berikut ini bisa mengambarkan makna coast: Kerajaan Demak melakukan ekspansi wilayah hingga ke daerah-daerah sepanjang pantai utara pulau Jawa. Coba sobat pembaca perhatikan frase sepanjang pantai utara pulau Jawa.

Frase yang digarisbawahi di atas merujuk pada tepi daratan sepanjang pulau Jawa bagian utara. Kata yang tepat untuk pantai dalam frase tersebut adalah coast, BUKAN shore, tentu saja karena daerah-daerah yang dimaksud dalam kalimat itu tidak merujuk pada area daratan yang bertemu langsung dengan air.

  • They heard the government is going to build a road along the south coast of Java. – Mereka mendengar pemerintah akan membangun jalan sepanjang pantai selatan Jawa.
  • He owned several buildings on the coast. – Dia memiliki beberapa bangunan di pantai.

Kata coast – dalam bentuk kata sifatnya, coastaljuga sering digunakan dalam frase-frase seperti coastal areas, coastal guards, coastal road, coastal population, coastal weather, dan lain-lain.

BEACH

Kata beach sebenarnya juga mengacu pada area shore, hanya saja secara spesifik mengacu pada shore yang berpasir dan berkerikil, dan oleh karenanya sering digunakan untuk melakukan aktivitas yang sifatnya rekreatif. Sobat bisa membayangkan ketika berjalan-jalan atau naik kuda di pantai Parang Tritis Yogyakarta. Area yang berpasir dan berkerikil itulah beach.

Jadi,yang harus diingat adalah bahwa beach selalu ditandai dengan pasir dan kerikil. Jika ada pantai yang tidak ditandai dengan pasir dan kerikil TIDAK bisa disebut beach, tetapi shore.

 

2 thoughts on “Shore, Coast, Beach: Apa bedanya?

    1. Admin Post author

      HI, thanks for visiting my website, and thanks for your question. Garis pantai berarti garis yang menjadi tanda batas antara daratan dan lautan, yang sering disebut sebagai shoreline. Sementara shore adalah daratan yang dimulai dari tanda batas itu sampai titik terjauh air pasang. Area setelahnya disebut coast atau pesisir.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *