Perbedaan Store dan Shop

By | March 11, 2016

Sobat pembaca pasti sangat akrab dengan kata store dan shop. Kedua kata ini berarti toko dalam bahasa Indonesia. Kata-kata ini lazim dipakai oleh penutur asli bahasa Inggris untuk menyebut tempat menjual barang, meskipun ada perbedaan dalam penggunaan. British English dan American English juga mempunyai kecenderungan sendiri terkait penggunaan kata-kata ini.

STORE/SHOP DALAM BRITISH ENGLISH

Kata store dalam British English hanya mengacu pada department store, sebuah toko besar dengan banyak bagian/shop yang masing-masing menjual barang-barang yang seringkali spesifik. Jadi, secara umum penutur asli British English jauh lebih sering menggunakan kata shop.

Kata shop lazim dipakai oleh penutur asli British English untuk menyebut toko apapun – kecil maupun besar – yang menjual barang-barang eceran/retail. Kata ini juga digunakan untuk menyebut toko buah-buahan dan sayuran, atau toko yang menjual daging, meskipun juga  sering kali tidak secara eksplisit tertulis atau terkatakan (biasanya disebut the greengrocer’s atau the butcher’s).  Kedai kopi, misalnya, juga disebut coffee shop. Kata ini juga dipakai untuk menyebutd toko yang menjual jasa.

STORE/SHOP DALAM AMERICAN ENGLISH

Kata store lebih sering digunakan oleh penutur asli American English untuk menyebut toko – baik berkuran kecil, menengah, maupun besar – yang menjual barang-barang eceran, meskipun kata shop sebagaimana disebutkan sebelumnya, juga dipakai oleh orang Amerika untuk menyebut toko berukuran kecil (misalnya toko kecil di lingkungan tempat tinggal).

Penutur asli American English menggunakan kedua kata tersebut untuk menyebut toko yang menjual barang-barang eceran/retail, meskipun ada kecenderungan kuat orang Amerika memilih menggunakan store jauh lebih sering daripada shop.

Dalam American English, kata shop dipakai untuk menyebut toko-toko berukuran kecil yang menjual barang-barang eceran. Kata shop dalam American English juga jauh lebih lazim dipakai untuk menyebut toko yang menjual jasa (barber’s shop, massage shop, copy and print shop, laundry shop, misalnya) dan toko yang menyediakan barang dagangan bukan eceran (butcher’s shop, coffee shop, misalnya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *