She Is in Her Element

By | March 22, 2022

Salam jumpa lagi sobat pembaca semua di mana pun Anda berada, judul tulisan sederhana ini adalah She is in her element, sebuah judul yang di dalamnya ada satu idiom menarik bahasa Inggris, yang menjadi pokok bahasan kali ini. Idiom ini cukup sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Idiom tersebut adalah be in one’s element. Kata one’s dalam idiom ini bisa diganti dengan possessive adjective my, your, her, his, our, dan lain sebagainya, tergantung subjek yang digunakan.

Idiom ini bisa ditemukan dalam novel berjudul And the Mountains Echoed, ditulis oleh Khaled Hosseini, penulis Amerika berdarah Afganistan. Dalam salah satu bagian novel diceritakan tentang seorang tokoh perempuan bernama Nila Wahdati, seorang penyair yang cukup di kenal. Penyair yang di satu sisi dicaci dan dikritik oleh orang Afganistan sendiri, tetapi dipuja dan dikagumi oleh sesama penyair.

Dalam kehidupan sehari-harinya, dia juga digambarkan sebagai seorang perempuan cantik, menarik, dan glamor. Seorang wanita yang dengan mudah menarik perhatian pria. Nila adalah sosok yang sangat mudah membawa diri di hadapan laki-laki. Kata-kata berkonotasi rayuan halus sangat mudah keluar dari mulutnya. Dalam kaitannya dengan ‘keahlian’nya ini penulis menggambarkan tokoh ini, melalui pandangan anak angkatnya, Pari, terhadap ibunya (yang dia sebut Maman) menggunakan kalimat ‘She is in her element‘.

Apa maksud idiom ini? Kamus online Merriam Webster menyebutkan bahwa be in one’s element berarti “in a place or situation where one is comfortable and does well” – di tempat atau situasi seseorang merasa nyaman, dan bertindak dengan baik. Kamus online Collins Dictionary juga memberikan definisi serupa,”in a situation they enjoy” – dalam situasi yang mereka nikmati. Nah, definisi atau penjelasan dalam kedua kamus tersebut esensinya sama dengan situasi Nila Wahdati di atas. Penyair perempuan dalam novel tersebut sangat nyaman dengan yang dia lakukan, dan dia melakukan itu dengan begitu mudahnya, yakni melontarkan secara halus kata-kata atau kalimat yang bernada rayuan kepada pria.

Jadi, kalau sobat atau siapa pun melakukan sesuatu, apapun itu, dengan begitu mudahnya, seolah tidak membutuhkan usaha apapun, dan merasa nyaman melakukan itu, you are in your element. Misalnya, bagi sobat pidato itu mudah, bahkan Anda bisa melakukannya secara spontan dengan mudah dan tanpa usaha yang berarti, seolah kata-kata itu meluncur begitu saja, dan Anda tidak merasa canggung atau gugup, you are in your element, delivering a speech. Ini beberapa contoh kalimatnya:

  • Johnny was obviously in his element, mingling and talking with everyone he met at the party.
  • It’s so easy for Karen to give a speech, even a spontaneous one, in front of hundreds of people. She is in her element.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 2 =