Serial vs Series

By | February 2, 2017

Sobat pembaca, dua kata benda ini memang membingungkan. Kemiripan ejaan antara kedua nomina ini sering membuat pembelajar bahasa Inggris mengerutkan dahi. Apalagi, keduanya terkait dengan cerita yang ditayangkan di televisi atau radio, atau majalah. Jadi, kedua kata ini digunakan dalam konteks yang kurang lebih sama, lepas dari fakta bahwa masing-masing kata mempunyai makna lain. Mari kita bahas masing-masing kata.

SERIAL

Kata ini termasuk dalam kategori nomina. Bentuk jamaknya adalah serials. Menurut kamus online Merriam Webster, kata ini berarti ‘a story that is broadcast on television or radio or that is published in a magazine in separate parts over a period of time’. Secara sederhana, sobat bayangkan cerita bersambung. Dalam sebuah cerita bersambung, ceritanya hanya satu. Cerita yang panjang itu terbagi dan ditayangkan atau dimuat dalam sejumlah bagian selama kurun waktu tertentu.

Sobat pasti sudah akrab dengan yang namanya sinetron televisi. Itu contoh serial. Ceritanya bersambung. Cerita yang ditayangkan dalam satu episode adalah KELANJUTAN dari cerita sebelumnya. Artinya, kalau sobat melewatkan 2 atau 3 episode, sobat pasti tak tahu apa yang sedang terjadi. Contoh terkenal adalah cerita bersambung karya Charles Dickens dan Arthur Conan Doyle yang masing-masing akhirnya diterbitkan dalam bentuk novel.

  • Several pages of his autobiography appeared in serial form in the local newspaper. – Beberapa halaman otobiografnya muncul dalam bentuk seri bersambung di koran setempat.
  • A new serial will begin in November. – Cerita bersambung baru akan mulai di bulan November.

SERIES

Kata ini termasuk dalam kategori kata benda (noun). Bentuk singular maupun plural dari kata ini sama. Untuk memahami arti kata ini, sobat perlu mengingat tayangan televisi berjudul X-File, yang bercerita tentang fenomena-fenomena supranatural.

Film seri ini mempunyai tokoh utama dan tema sama dalam setiap tayangannya. Tetapi, setiap tayangan mempunyai jalan cerita sendiri. Jadi, kalau sobat melewatkan beberapa bagian dari film seri itu, tak masalah. Sobat tetap bisa menonton film itu tanpa takut kehilangan alur cerita.

  • Which drama series do you like best? – Drama seri mana yang paling kamu sukai?
  • What is your favorite TV series? – Apa tayangan seri televisi kesukaanmu?

Semoga membantu.

Referensi

http://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/Main/TelevisionSerial

https://www.merriam-webster.com/dictionary/serial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *