Secret vs Confidential vs Classified: Sama atau Beda?

By | April 18, 2016

Tiga kata tersebut diartikan rahasia dalam bahasa Indonesia. Secret bisa berfungsi sebagai kata benda (noun) atau kata sifat (adjective). Tetapi, confidential dan classified hanya berfungsi sebagai kata sifat. Tiga kata ini bisa dianggap sinonim. Ada sedikit perbedaan dalam hal penggunaan.

SECRET

Kata ini mencakup makna yang terkandung dalam dua kata lainnya. Sebagai kata sifat, kata ini lebih lazim digunakan dalam konteks sehari-hari. Dalam konteks resmi, kata ini terbatas dipakai untuk menjelaskan salah satu klasifikasi informasi rahasia dalam sistem informasi pemerintah Amerika Serikat.

Dalam konteks sehari-hari kata ini berarti rahasia yang menyangkut hal-hal sehari-hari. Misalnya, tempat rahasia antara dua teman di masa kecil, pemuja rahasia yang diam-diam mengagumi sobat, resep masakan rahasia keluarga sobat, terowongan rahasia, kamar rahasia, dan lain-lain. Tentu, dalam hal ini dua kata lainnya tidak bisa menggantikan.

  • When we were children, we used to gather in a small cave at the shore, a secret place which was known only by us..- Waktu kami kecil, kami biasa berkumpul di sebuah gua kecil di pantai, sebuah tempat rahasia yang hanya diketahui oleh kami. A confidential place which was known only by us (X).
  • I know that I am not her only secret admirer. Saya tahu saya bukan satu-satunya pemuja rahasianya. I am not her only confidential admirer (X).
  • They managed to escape through a secret tunnel. – Mereka berhasil melarikan diri melalui terowongan rahasia. They managed to escape through a confidential tunnel (X).

Dalam konteks informasi rahasia pemerintah Amerika Serikat kata ini merujuk pada informasi yang mempunyai tingkat kerahasiaan tinggi, dan jika informasi ini bocor dikhawatirkan akan secara SERIUS membahayakan keamanan nasional.

CONFIDENTIAL

Sesuatu yang confidential juga berarti secret. Jadi sebenarnya dalam banyak konteks kedua kata ini bisa dipertukarkan. Hanya saja, kata ini lazimnya digunakan dalam konteks resmi, dan tidak digunakan dalam untuk berbicara tentang rahasia keseharian seperti dalam penjelasan di atas.

Intinya, kata ini merujuk pada rahasia yang hanya diketahui oleh segelintir orang yang BERKEPENTINGAN dan mempunyai hak resmi atau akses resmi terhadap rahasia itu, dan tidak akan memberitahu pihak lain yang tidak berkepentingan. Misalnya, informasi pribadi pelamar kerja di sebuah perusahaan itu rahasia dan hanya diketahui oleh orang-orang yang berkepentingan, informasi tentang orang tua seorang siswa itu rahasia dan hanya diketahui oleh kalangan terbatas yang berkepentingan saja.

Ketika dua petinggi negara akan bertemu di tempat yang ‘rahasia’ dalam pengertian belum diketahui publik atau siapapun kecuali segelintir orang yang berkepentingan, kata ini lebih pas dipakai:

  • The meeting place still remains confidential. – Tempat pertemuannya masih rahasia.

Maka, kata ini sering digunakan untuk berbicara tentang rahasia di lembaga-lembaga resmi seperti kantor pemerintah, sekolah, universitas, perusahaan, bank, militer, dan lain-lain.

  • Head of Human Resources Department holds confidential records on each employee. – Kepala HRD memegang catatan rahasia tentang masing-masing pegawai. Head of Human Resources Department hold secret records (X).
  • Every piece of information on each student at a school is confidential. Only the school counselor and the home-room teacher has access to it. – Setiap informasi tentang siswa itu bersifat rahasia. Hanya konselor sekolah dan wali kelas mempunyai akses terhadap informasi itu. Information on each student at a school is secret (X).

CLASSIFIED

Kata ini juga berarti rahasia. Tetapi, kata ini hanya diterapkan untuk informasi. Classified information adalah informasi rahasia dalam konteks pemerintahan yang terbagi menjadi tiga menurut urutannya: top secret, secret, dan confidential.

Informasi tergolong classified ketika pemerintah memerintahkan agar informasi tersebut dirahasiakan karena sensitif untuk keamanan nasional. Akses terhadap informasi semacam ini diatur oleh undang-undang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *