Sipping a Cup of Coffee at the ‘Coffee Shoppe”

By | September 9, 2016

Sobat pembaca pasti pernah donk nongkrong di kedai kopi atau coffee shop, menyeruput secangkir kopi panas sembari ngobrol dengan teman, atau sekedar menikmati kesendirian ditemani tablet atau smart phone? Sekarang ini kedai kopi menjadi bisnis yang banyak diminati orang muda. Tak heran, di sudut-sudut kota besar banyak bermunculan kedai kopi berbagai ukuran.

Memang benar dalam bahasa Inggris kedai kopi disebut coffee shop. Itu istilah resminya. Tetapi, kadang-kadang pemilik kedai menggunakan kata lain yang searti, coffee shoppe, untuk menamai kedainya. Beda  dikit. Tinggal nambahin pe.

Tak hanya kedai kopi. Toko-toko lain juga kadang-kadang menggunakan kata ini. Di Madison, Amerika Serikat ada kedai es krim bernama Chocolate Shoppe Ice Cream. Di kota yang sama, ada juga toko menjual vitamin penjaga kesehatan tubuh Vitamin Shoppe. Di kota lain ada The Comic Book Shoppe. Di Kanada ada toko namanya The Pop Shoppe dan The Medicine Shoppe.

Shoppe adalah kata yang berasal dari periode Middle English, dan diyakini sudah digunakan sejak tahun 1300 an. Karena kata ini berasal dari periode Middle English, saat ini praktis tidak digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Nah, sebenarnya apa sih perbedaan shop dan shoppe? Dalam hal makna, sebenarnya tidak ada perbedaan sama sekali. Tetapi, ada perbedaan dalam hal bagaimana kata-kata itu digunakan. Kata shoppe secara sengaja digunakan untuk nama toko atau kedai supaya terdengar keren dan terkesan kuno dan otentik.

Jadi, ini hanya soal trik bisnis supaya kelihatan keren saja. Mungkin kata ini dirasa lebih menjual. Dan itu sah-sah saja, dan tidak melanggar hukum kok. Kamus urban http://www.urbandictionary.com/define.php?term=Shoppe menyebutkan bahwa kata ini adalah cara keren dan terdengar kuno untuk mengeja kata shop.

Dan sekarang ini kata shoppe biasa dipakai untuk toko-toko atau kedai-kedai yang menawarkan produk lebih berkualitas dan lebih mahal. Jadi, kalau sobat ingin kedai kopi milik sobat terdengar keren, otentik, kuno, berkelas, dan menarik perhatian pelanggan sebut saja coffee shoppe hehehehehe ….

Referensi:

http://www.urbandictionary.com/define.php?term=Shoppe

http://english.stackexchange.com/questions/9797/what-are-the-differences-between-shop-shoppe-and-store/9801

http://www.differencebetween.info/difference-between-shop-and-shoppe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *