Seat vs Chair vs Stool vs Bench vs Pew

By | February 19, 2022

Sobat pembaca setia, topik yang kita bahas kali ini adalah lima nomina dalam bahasa Inggris yang semuanya merujuk pada apa yang biasa disebut sebagai tempat duduk. Kalau sobat melihat ke dalam kamus dan mencari definisi kata chair, stool, bench, dan pew, Anda akan menemukan kata seat dalam setiap definisinya. Itu karena seat meliputi empat kata lainnya. Dengan kata lain chair, stool, bench, dan pew adalah jenis seat. Mari kita bahas satu per satu.

SEAT

Benar bahwa nomina ini kata umum untuk empat kata yang lain. Artinya, chair, stool, bench, dan pew adalah jenis seat. Pertanyaannya, dalam situasi apa kata seat digunakan?

Nomina ini digunakan ketika sobat tidak sedang merujuk pada jenis tempat duduk tertentu. Secara sederhana, dalam situasi ketika yang ada dalam benak sobat adalah frasa tempat duduk, apapun itu, dan bukan jenis tempat duduk, silakan gunakan kata ini. Misalnya, ketika Anda berbicara tentang (kapasitas) tempat duduk gedung bioskop, ruang kelas, gedung teater, auditorium, stadion, alat transportasi seperti kereta api, mobil, atau bus, atau tempat-tempat lain yang menyediakan tempat duduk. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

  • There are 50 seats in each car of the Argo Lawu train serving the Yogyakarta-Jakarta route. – Ada 50 tempat duduk di masing-masing gerbong kereta Argo Lawu yang melayani rute Yogyakarta-Jakarta.
  • What are the best seats in a movie theater? – Apa (bagian mana) tempat duduk terbaik di gedung bioskop?
  • How many seats do you want to put around your kitchen island? – Berapa banyak tempat duduk yang ingin kamu letakkan di sekitar meja dapurmu?

Kata ini juga digunakan ketika sobat mempersilakan orang untuk duduk, “Have/take a seat, please.” Atau waktu sobat bertanya apakah tempat duduk di depan sobat masih kosong ataukah sudah ada yang mengambil, “Is this seat taken?”, apapun jenis tempat duduknya.

CHAIR

Nah, nomina ini merujuk pada jenis tempat duduk yang ada sandaran punggungnya. Ada juga jenis yang dilengkapi dengan lengan kursi. Ada jenis khusus yang sering disebut dengan kursi goyang, atau rocking chair. Bahkan ada yang disebut kursi malas, lounge chair karena memang dipakai untuk bermalas-malasan atau bersantai. Atau kalau sobat pas kebetulan pergi ke pantai, sobat bisa membawa serta beach chair.

(outdoor) lounge chair

rocking chair

STOOL

Ini jenis tempat duduk yang lain lagi. Yang disebut stool adalah tempat duduk (lazimnya) dengan tiga atau empat kaki tanpa sandaran tanpa lengan. Kalau sobat pergi ke kafe atau bar, jenis inilah yang umumnya digunakan.

stool

BENCH

Ini jenis tempat duduk berikutnya. Yang disebut bench adalah bangku panjang, bisa terbuat dari kayu atau batu, seperti yang biasa sobat jumpai di taman. Ada bench yang dilengkapi dengan sandaran dan lengan, ada juga yang mempunyai sandaran, tetapi tak berlengan. Ada juga tanpa keduanya.

wood bench

PEW

Ada jenis bangku panjang yang khusus digunakan di gereja, tempat umat duduk untuk mengikuti ibadah. Pew terbuat dari kayu.

church pew

Author: Noeg

English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =