Sea vs Ocean: Sama Atau Beda?

By | October 25, 2016

Sobat pembaca setia, dua kata benda yang kita bahas kali ini – sea dan ocean – mempunyai kedekatan makna. Yang satu menjadi bagian yang lain. Dalam keseharian, kedua nomina ini bisa saling menggantikan ketika orang berbicara tentang samudera.

Maksudnyaketika berbicara tentang ocean orang biasa menggunakan salah satu dari dua kata ini. Tetapi, ketika berbicara tentang sea, orang tidak menggunakan kata ocean. Itu karena orang memahami bahwa sea adalah bagian dari ocean. Tetapi dalam pengertian geografi kedua kata ini mempunyai pengertian berbeda. Mari kita bahas satu per satu.

OCEAN

Kata ini diartikan samudera atau lautan dalam bahasa Indonesia. Yang dimaksud ocean adalah seluruh wilayah  perairan yang menutupi kira-kira 70 persen permukaan bumi. Jadi kata ini mengacu pada seluruh wilayah yang tertutup air asin. Kalau sobat kebetulan berada di pantai, wilayah ocean membentang luas mulai dari batas air dan daratan.

Ada 5 samudera di dunia, yang kesemuanya merupakan satu kesatuan: Pacific Ocean, Indian Ocean, Atlantic Ocean, Artic Ocean, dan Sothern Ocean. Meskipun berbeda nama, kelimanya sebenarnya terhubung satu dengan yang lain dan membentuk satu samudera dunia.

SEA

Kata ini diartikan laut. Menurut definisi samudera di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa kata ini mengacu pada area perairan yang mencakup wilayah yang lebih kecil dan sekaligus bagian tak terpisahkan dari ocean.

Menurut National Ocean Service Amerika Serikat, dalam pengertian geografi, yang disebut laut dalam pengertian ini berada di bagian tepi atau pinggir samudera, dan sebagian dilingkupi oleh daratan. Berarti, yang disebut sea meliputi area yang dekat dengan pertemuan antara daratan dan samudera. Ada sekitar 50 laut di dunia.

Laut Jawa yang terletak di antara Pulau Jawa dan Kalimantan, misalnya, disebut Java Sea karena dilingkupi oleh daratan. Demikian juga dengan laut-laut lain seperti Laut Sulawesi, Laut Arafuru, Laut China Selatan, Laut Filipina, dan lain sebagainya, semuanya dilingkupi oleh daratan.

Sebaliknya, bagian selatan Pulau Jawa berbatasan langsung dengan samudera lepas, dan tidak ada laut dalam pengertian sea karena tidak ada daratan yang melingkupi,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *