Afraid vs Scared: Apa Sih Bedanya?

By | April 25, 2016

Secara umum dua kata ini, afraid dan scared sinonim, dan dalam banyak hal bisa saling menggantikan. Keduanya mempunyai tingkat ‘takut’ atau ‘khawatir’ yang kurang lebih sama. Tetapi, dalam konteks tertentu hanya salah satu kata dipakai.

Ketika digunakan untuk menggambarkan perasaan takut terhadap/akan sesuatu atau takut melakukan sesuatu – diikuti of + object – kedua kata ini bermakna sama dan bisa saling menggantikan. Keduanya juga bermakna sama dan bisa saling menggantikan ketika diikuti to infinitive.

  • I am afraid/scared of spiders/height. – Saya takut pada laba-laba/ketinggian.
  • That little girl is afraid/scared to cross the street. – Gadis kecil itu takut meyeberang jalan.

Keduanya juga bisa saling menggantikan ketika preposisi of diikuti gerund, yakni kata kerja -ing yang dibendakan. Coba sobat cermati kalimat berikut:

  • She has never been in a serious relationship with a boy because she is afraid/scared of getting hurt. – Dia tak pernah berhubungan serius dengan laki-laki karena dia takut terluka.

Nah, kalimat itu mengisyaratkan dia takut sesuatu yang kurang baik (terluka) MUNGKIN akan terjadi. Sebagai catatan, penutur asli bahasa Inggris berpendapat bahwa kata scared dalam contoh-contoh kalimat di atas lebih terasa informal, dan oleh karenanya lebih umum digunakan dalam ragam bahasa lisan dan dalam suasana tak resmi.

Tetapi, hanya afraid yang lazim dipakai untuk menyampaikan kabar buruk dengan cara halus.

  • I’m afraid (that) I can’t allow you to come in. – (Maaf saya harus mengatakan) saya tidak bisa mengijinkan kamu masuk. I’m scared I can’t allow (X)
  • I’m afraid (that) we don’t have time to finish the project. – (Maaf saya harus mengatakan) kita tidak punya waktu untuk menyelesaikan proyek itu. I’m scared we don’t have time (X)

Meskipun sama-sama kata sifat, hanya kata scared yang digunakan sebelum kata benda yang diterangkan. Coba sobat perhatikan frase berikut:

  • A scared look/face. – Tampang/wajah ketakutan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *