Sample vs Example: Sama Atau Beda?

By | November 2, 2018

Sobat pembaca, dua kata yang kita bahas kali ini – sample dan example – tidak terlalu mudah untuk dibedakan, terutama oleh pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Kedua kata tersebut dalam bahasa Indonesia bisa diartikan contoh. Perbedaan di antara kedua nomina tersebut nyaris tidak kentara, sehingga menimbulkan kebingungan. Keduanya bisa sama-sama merujuk pada bagian dari suatu keseluruhan, atau bagian kecil yang mewakili suatu kumpulan yang lebih besar. Mari kita bahas satu per satu.

SAMPLE

Untuk memahami kata ini, coba sobat bayangkan misi ke bulan Apollo 11 yang diluncurkan pada 16 Juli 1969. Ketika tiba di bulan awak Apollo 11, Neil Armstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins mengambil sampel batuan dan tanah bulan. Para awak Apollo 11 tersebut mengambil sejumlah kecil batuan dan tanah bulan sebagai contoh yang bisa memberi gambaran batuan dan tanah bulan secara keseluruhan.  Jadi, dengan kata lain, sejumlah kecil tanah bulan yang disebut sample tersebut bisa menunjukkan seperti apakah batuan dan tanah bulan secara keseluruhan.

Sobat bisa juga membayangkan seorang salesgirl atau salesman sedang menawarkan barang dagangan di rumah sobat. Saat menawarkan dagangan kepada sobat, ia mengeluarkan sampel atau contoh barang yang ia tawarkan, yang ia pakai sebagai contoh, mewakili barang dagangannya. Contoh yang ia ambil diambil itu tentu sama dengan keseluruhan barang yang sedang ia tawarkan.

Seperti itulah pengertian sample, yakni sejumlah kecil materi atau bahan atau produk yang mewakili keseluruhan dan menunjukkan bahwa sample tersebut sama dengan keseluruhan, sekaligus memberi gambaran seperti apakah keseluruhannya itu. Dan ketika sobat menggunakan kata ini, sobat bertujuan untuk MENUNJUKKAN bahwa keseluruhan materi atau produk atau apapun itu yang diwakili oleh sejumlah kecil materi atau produk atau apapun itu SAMA.

Pengertian yang dijelaskan dalam dua ilustrasi di atas didukung oleh kamus online Collins Dictionary yang menyebutkan demikian: A sample of substance or product is a small quantity of it that shows you what it is like – Sampel materi atau produk adalah sejumlah kecil materi atau produk tersebut yang menunjukkan seperti apakah materi atau produk tersebut. Perlu dicatat bahwa yang disebut sample selalu berujud benda fisik.

EXAMPLE

Kata ini juga berarti contoh. Tetapi, berbeda dengan kata sample,  yang disebut example adalah contoh dalam pengertian ilustrasi atau model. Maksudnya begini. Ketika seorang guru matematika menjelaskan penggunaan rumus tertentu dengan sebuah contoh persoalan, atau ketika seorang guru bahasa Inggris menjelaskan Simple Present Tense dengan sebuah contoh kalimat, mereka menggunakan contoh-contoh tersebut sebagai ilustrasi atau model supaya konsepnya mudah dipahami.

Kata example juga digunakan untuk merujuk pada sesuatu atau seseorang yang bisa dijadikan contoh untuk ditiru. Kalau sobat ingin memesan puluhan kaos untuk teman-teman SMA seangkatan, sobat bisa memberikan contoh sebagai model yang bisa ditiru kepada produsen. Seorang tokoh masyarakat yang dikenal dermawan dan murah hati bisa dijadikan contoh dalam pengertian ini. Ia bisa ditiru dan diteladani.

Ketika sobat merujuk pada sesuatu yang dipilih secara sengaja dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu menggunakan penilaian tertentu dalam proses memilih itu (dengan tujuan untuk menunjukkan yang terbaik dari apapun yang ingin ditunjukkan), kata inilah yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *