Safe vs Secure

By | January 28, 2016

Baik safe maupun secure berfungsi sebagai kata sifat (adjective), meskipun kata secure juga bisa berfungsi sebagai kata kerja (verb). Bentuk kata bendanya adalah safety dan security. Tulisan ini dimaksudkan untuk membandingkan antara dua kata ini sebagai kata sifat, sekaligus bentuk kata bendanya: safety dan security.

Sebagai kata sifat, dua kata ini dalam bahasa kita sering diartikan sebagai aman. Meskipun maknanya sama atau setidaknya mirip, dua kata tersebut mempunyai konotasi berbeda.

SAFE

Kata ini berarti aman dalam arti bebas dari bahaya yang bisa membuat seseorang cedera atau terluka. Sesuatu dikatakan aman dalam pengertian ini jika sesuatu itu bebas dari bahaya yang bisa melukai atau mencederai Anda. Sebuah play pen atau box bayi (tempat bayi atau balita ditidurkan atau dibiarkan bermain) itu aman dalam pengertian ini karena play pen itu tidak akan melukai si bayi, dan oleh karenanya si bayi juga safe karena bebas dari kemungkinan cedera atau luka. Di sisi lain, play pen itu terbuat dari bahan-bahan yang safe sehingga tidak akan mencederai si bayi.

  • So, the play pen is safe because the baby cannot be injured by it. And as a result, the baby is also safe. –Jadi, tempat tidur bayi itu aman karena si bayi tidak mungkin cedera karenanya. Dan oleh sebab itu, si bayi juga aman.

Pesawat terbang itu sering disebut sebagai alat transportasi yang paling safe, karena kemungkinan untuk jatuh dan menyebabkan penumpang terluka, cedera, atau bahkan meninggal itu lebih kecil dibanding alat transportasi lain. So, planes are the safest means of transport.

Sebuah mobil atau sepeda motor dikatakan safe ketika mobil atau sepeda motor tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga aman untuk dikendarai (pelek bannya tidak mudah pecah, sistem remnya bagus, ban anti selip, dan lain-lain) dan dengan demikian tidak akan dengan mudah mengalami kecelakaan yang bisa menyebabkan cedera. luka, atau bahkan kematian. So, the car is safe enough fro you to drive.

Jadi, safe berarti aman dalam arti bebas dari bahaya terluka atau cedera, atau bebas dari kemungkinan  melukai, mencederai atau bahkan menyebebkan kehilangan nyawa.

SECURE

Secure juga berarti aman. Tetapi, secure mempunyai konotasi makna yang berbeda dengan safe. Sebagaimana disebutkan di atas, sebuah boks bayi disebut safe jika boks tersebut mampu menjaga bayi dari bahaya terluka atau cedera. Tetapi, boks bayi tersebut juga secure karena hanya orang-orang tertentu yang punya otoritas lah yang mampu mengaksesnya (misalnya, membuka pintu boks bayi itu, yang bahkan tak bisa dilakukan oleh si bayi sendiri). Dengan demikian, si bayi juga secure, atau aman karena pintu boks itu hanya bisa dibuka oleh orang tuanya atau orang dewasa lain yang mampu melakukannya.

Pesawat terbang selain paling safe juga disebut paling secure karena pesawat didukung dengan sistem pengamanan bandara yang melindungi dan menjaga agar orang-orang yang tidak punya kepentingan tidak mampu masuk atau tidak mempunyai akses ke pesawat sehingga aman dari pembajakan, misalnya.

Mobil jaman sekarang juga dikatakan lebih secure dibandingkan mobil jaman dulu karena mempunyai sistem bluetooth dalam kunci kontaknya sehingga orang yang tidak mempunyai otoritas atas mobil itu tidak mudah mengakses dan kemudian mencurinya.

Jadi, melihat beberapa contoh di atas. kita bisa menyimpulkan bahwa secure berarti aman dalam arti mempunyai sistem atau fitur atau peralatan yang memang diterapkan dengan sengaja untuk menjaga agar orang-orang yang tidak punya hak atau otoritas untuk masuk atau mengakses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *