Round vs Rounded: Ternyata Beda Ya?

By | May 17, 2017

Sobat pembaca setia englishforsma.com, pokok bahasan kita kali ini adalah dua ajektiva yang mirip tetapi berlainan makna, yakni round dan rounded. Kata pertama sering diartikan ‘bulat’, yang kedua sering diartikan melengkung (curved). Jadi, kedua kata itu tidaklah benar-benar sama. Hanya karena ejaannya mirip, banyak pembelajar bahasa Inggris menyangka keduanya sama. Mari kita bahas masing-masing kata.

ROUND

Sobat pasti masih ingat kata ini pernah dibahas dalam tulisan sebelumnya. Sobat bisa membaca kembali apa makna kata ini di sini. Secara singkat, kata ini berarti bulat, dan digunakan untuk mendeskripsikan obyek yang setiap bagian permukaan atau batas luarnya mempunyai jarak (disebut jari-jari) yang sama ke pusatnya.

Dengan kata lain, kata ini untuk menyebut benda bulat yang benar-benar bulat sempurna (jarak dari batas luar ke pusatnya sama di setiap bagian). Contoh-contoh benda bulat sempurna adalah roda mobil, keping CD, koin, roda kemudi, dan lain-lain.

Benda-benda yang disebutkan itu hanya bisa dideskripsikan dengan kata ini, dan TIDAK bisa disebut dengan rounded. Jadi, a car wheel is round, a CD is round, a coin is round, a steering wheel is round.

ROUNDED

Memang kata ini mempunyai arti lain, yang tidak ada kaitannya dengan bentuk. Dalam kaitannya dengan bentuk, kata ini tidak sama artinya dengan round. Kata ini berarti melengkung. Bentuk obyeknya bisa apa saja – segi empat, segi tiga, segi lima, dan lain-lain – tetapi sudut-sudutnya dibuat melengkung dan tumpul. Tidak lancip.

Contohnya adalah meja bilyard. Sobat pasti sudah pernah melihat meja bilyard. Bentuk mejanya tidak bulat kan? Tetapi sudut-sudut mejanya melengkung. Itulah yang dimaksud dengan rounded.

Atau, barangkali sobat mempunyai HP yang sudut-sudutnya tidak lancip/siku, tetapi tumpul. Itulah rounded. Contoh lain adalah perisai. Sebuah perisai lazimnya bersudut tumpul. Sobat bisa menggunakan kata ini untuk mendeskripsikan benda ini. Jadi, kalau sobat mendapati obyek bersudut lengkung/tumpul, apapun bentuknya, sobat bisa mengatakan obyek itu rounded.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *