Room vs Chamber: Bedanya Apa?

By | January 31, 2018

Kali ini akan dibahas dua nomina yang mempunyai kedekatan makna: room dan chamber. Kedua nomina ini sama-sama bisa diartikan kamar atau ruang(an). Meskipun demikian kedua kata tersebut mempunyai konotasi yang berbeda, dan oleh karenanya tidak bisa dipertukarkan. Lalu, apa bedanya? Mari kita bahas satu per satu.

ROOM

Kata ini berarti kamar atau ruangan. Kamus online Longman mendefinisikan kata ini sebagai “a part of the inside of a building that has its own wallsfloor, and ceiling” – bagian dalam bangunan yang mempunyai dinding, lantai, dan langit-langitnya sendiri. Definisi tersebut jelas merujuk pada apa yang disebut kamar atau ruangan. Kata inilah yang sobat pakai dalam kehidupan sehari-hari untuk menyebut kamar atau ruangan. Jadi, sekali lagi, ini adalah kata sehari-hari.

Dilihat dari sisi fungsi, kamar atau ruangan yang disebut room mempunyai fungsi yang umum. Itulah sebabnya kata ini bisa digunakan dalam kombinasi dengan kata lain, dan menciptakan kata baru, misalnya: bedroom, bathroom, newsroom, classroom, dan lain-lainSobat bisa melihat bahwa fungsi room bermacam-macam.

Kata ini kadang-kadang – tergantung konteks kalimatnya – merujuk pada kamar tidur (bedroom). Dalam kalimat berikut ini, misalnya, kata room jelas berarti kamar tidur:

  • She is in her room, sleeping. – Dia ada di kamar tidurnya, sedang tidur.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan kata ini:

  • She stays in one of the most expensive hotel rooms. – Dia tinggal di salah satu kamar paling mahal.
  • The big house has five big rooms up stairs. –  Rumah besar itu mempunyai lima kamar besar di lantai atas.
  • Let me show you your room. – Biar saya tunjukkan kamarmu.

CHAMBER

Kata ini mempunyai beberapa makna, salah satunya kamar atau ruang(an). Kata chamber dengan makna ini tidak lazim digunakan untuk menyebut kamar atau ruang(an) yang ada dalam rumah yang biasa kita tinggali sehari-hari. Memang dulu pernah digunakan untuk menyebut kamar tidur, tetapi sekarang tidak lagi.

Kata ini dipakai dalam konteks yang terbatas. Kata ini biasa digunakan untuk merujuk pada kamar atau ruang(an) yang ada di kastil atau rumah besar dan mewah. Sobat pasti ingat kastil seperti yang ada dalam film Harry Potter, dan di dalamnya ada ruangan rahasia yang disebut Chamber of Secrets. Kata ini juga digunakan untuk menyebut ruang pertemuan atau musyawarah formal untuk badan legislatif maupun judikatif.

Selain itu, kata ini juga dipakai untuk menyebut ruang(an) yang didesain atau dirancang untuk tujuan khusus. Berikut adalah beberapa frasa terkait dengan kata chamber: burial chamber, gas chamber, torture chamber, cremation chamber, council chamber, chamber of commerce (Kadin – Kamar Dagang dan Industri).

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Illegal string offset 'subject' in /home/englishf/public_html/wp-content/plugins/spamlord/spamlord.php on line 86