Site icon englishforsma.com

Rise, Arise, dan Raise

Ketiga kata kerja ini memang sering membingungkan. Bunyi dan ejaannya pun mirip. Tak heran banyak orang merasa sulit membedakan. Mari kita bahas satu per satu.

RISE

Menurut kamus http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/rise, kata rise berarti ‘to move upwards’ atau bergerak naik atau naik. Kata ini juga berarti berdiri (setelah duduk). Kata ini bisa diterapkan, misalnya, untuk harga yang naik, naik pangkat, matahari yang naik (terbit). Rise adalah kata kerja intransitive, yakni kata kerja yang tidak mempunyai obyek.

ARISE

Kata arise berarti muncul atau terjadi. Sama seperti rise, kata ini juga termasuk kata kerja intransitive. Coba sobat perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:

RAISE

Berbeda dengan dua kata sebelumnya, kata raise adalah kata kerja transitive, yakni kata kerja yang membutuhkan obyek. Menurut kamus http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/raise, raise berarti ‘to lift something to a higher position’ atau ‘to cause something to increase’ atau dalam bahasa Indonesia berarti menaikkan.

Kata ini juga berarti ‘to cause to exist’ atau dalam bahasa Indonesia berarti menyebabkan sesuatu menjadi ada, atau menimbulkan.

 

Exit mobile version