Retire vs Resign: Apa Bedanya?

By | April 2, 2019

Topik bahasan kita kali ini adalah dua kata kerja yang sering digunakan dalam konteks dunia kerja, yakni retire dan resign. Keduanya menunjukkan bahwa seseorang telah berhenti dari pekerjaannya. Mirip memang, tetapi tidak benar-benar sama. Apa sih bedanya? Mari kita bahas masing-masing kata.

RETIRE

Kata ini termasuk dalam kategori verba beraturan. Bentuk past dan past participle dari kata kerja ini adalah retired. Bentuk nominanya adalah retirement.

Verba ini, menurut kamus online Collins Dictionary, berarti “… leave their job and stop working completely“. Dengan kata lain benar-benar berhenti dari pekerjaan, apapun itu pekerjaannya, dan setelahnya benar-benar bebas dan lepas dari dunia kerja. Yang disebut retire itu BUKAN mengundurkan diri dari suatu pekerjaan karena alasan-alasan tertentu, dan kemudian mencari pekerjaan lain. Bukan seperti itu.

Yang dimaksud retire itu begini. Misalnya, seorang CEO perusahaan besar dan mempunyai banyak anak perusahaan memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan untuk selama-lamanya di usia 40 tahun karena ia ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga, dan aktif di kegiatan-kegiatan amal. Dia menyerahkan posisi itu kepada orang yang ia percaya, dan dia benar-benar lepas dari dunia kerja selamanya, dan tidak akan kembali lagi. Keputusan pensiun itu adalah keputusannya sendiri, bukan karena usia dan aturan.

Tetapi, perlu dicatat bahwa banyak orang berhenti dari pekerjaan selamanya karena mereka sudah terlalu tua untuk bekerja, dan usia yang bersangkutan sudah mencapai rentang usia pensiun yang telah ditentukan dalam aturan pemerintah. Kamus online Oxford Dictionary menegaskan hal ini. Kamus ini menyebutkan bahwa retire berarti “leave one’s job and cease to work, typically on reaching the normal age for leaving service.” – meninggalkan pekerjaan dan berhenti bekerja, biasanya ketika mencapai usia yang lazim untuk meninggalkan pekerjaan.

Di Australia, misalnya, usia pensiun (maksudnya usia ketika seseorang berhenti dari pekerjaannya dan menerima tunjangan pensiun) adalah 67 tahun. Pada usia ini mereka yang pensiun berhak menerima dana pensiun dari pemerintah dan dana pensiun hasil tabungan pribadi yang disebut superannuation benefits (dana yang diperoleh dari kontribusi pribadi plus kontribusi dari yang mempekerjakan)  yang dikelola oleh pemerintah, dan ini sifatnya wajib.

Apakah di Australia seseorang bisa retire sebelum memasuki rentang usia pensiun? Bisa saja. Sejauh dia yakin bisa menjamin hidupnya sendiri, dia bisa berhenti dan lepas dari dunia kerja selamanya. Tentu dalam hal ini ia tidak akan mendapatkan fasilitas seperti yang disediakan untuk mereka yang memenuhi syarat, yakni pensiun di usia 67 tahun.

Jadi, intinya yang disebut retire itu berhenti dan lepas dari dunia kerja selamanya, entah karena keputusan sendiri, faktor usia, atau alasan kesehatan.

  • Most teachers in the UK  retire at 60. – Sebagian besar guru di Inggris pensiun di usia 60.
  • Freddy retired a few years ago, and he is happy with his early retirement. – Freddy pensiun beberapa tahun lalu, dan sekarang dia bahagia dengan pensiun dininya.
  • She decided to retire in her 40s. She wants to spend more quality time with her family. – Dia memutuskan untuk pensiun dalam usia 40an. Ia ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya.

RESIGN

Kata kerja ini termasuk dalam kategori verba beraturan. Bentuk past dan past participlenya resigned. Nah, dari sisi makna verba ini tidak sama dengan pensiun. Kata ini lebih tepatnya berarti mengundurkan diri dari pekerjaan, dan lazimnya karena alasan-alasan yang kurang menyenangkan. Orang yang resign hanya berhenti dari pekerjaannya sekarang, kemudian mencari atau mendapatkan pekerjaan lain di tempat lain.

Misalnya, jika sobat merasa bahwa pekerjaan sobat yang sekarang tidak bisa menjamin masa depan sobat karena gajinya kecil, sobat bisa mengundurkan diri dan mencari peluang-peluang lain. Jadi, yang disebut resign itu ketika sobat berhenti dari pekerjaan sobat sekarang, dan kemudian mencari peluang pekerjaan lain yang dirasa lebih menjanjikan.

  • My wife says she wants to resign from her job because she thinks it is not well paid. – Istriku bilang dia akan mengundurkan diri dari pekerjaannya karena gajinya kecil.
  • If you have a conflict with your boss, you can resign. – Jika kamu terlibat konflik dengan bosmu, kamu bisa mengundurkan diri (dan mencari pekerjaan lain).
  • The minister was forced to resign following the scandal. – Sang menteri dipaksa untuk mengundurkan diri setelah terlibat skandal.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *