Reput vs Reputation: Apa Bedanya?

By | December 31, 2021

Sobat pembaca setia, dua nomina yang kita bahas kali ini mempunyai arti yang sama dalam bahasa Indonesia, yaitu reputasi atau nama baik. Kalau keduanya adalah nomina dengan arti yang sama, lalu apa bedanya? Perbedaannya ada pada nama baik itu berasal. Mari kita bahas masing-masing kata tersebut.

REPUT

Nomina ini berarti nama baik atau reputasi. Kamus online Merriam Webster menyebutkan begini,”The character or status commonly ascribed to one,” – karakter atau status yang yang secara umum disematkan pada seseorang.” Dengan kata lain, nama baik atau reputasi ini diberikan. Oleh siapa? Ya oleh mereka yang menganggap atau memandangnya baik.  Contoh kalimat ini diambil dari kamus yang sama:

  • That’s a repair shop of good repute – Itu bengkel/toko reparasi yang mempunyai nama baik.
  • Halim is a young boy of good repute. – Halim adalah anak laki-laki dengan reputasi baik.

Barangkali sobat bertanya, apakah kata reput dalam contoh kalimat tersebut bisa diganti dengan reputatation. Jawabnya, bisa. Tentu dengan nuansa makna yang berbeda, yang nanti akan dijelaskan dalam bagian berikutnya. Kata reput dalam kalimat tersebut mengisyaratkan apa yang dipikirkan masyarakat tentang bengkel reparasi itu tanpa ada alasan tertentu di belakangnya. Jadi, ini soal opini umum masyarakat terhadap bengkel itu. Dalam hal ini, opini atau pandangan tersebut bersifat subyektif karena tidak didasarkan pada alasan yang jelas.

REPUTATION

Kamus online Merriam Webster mendefinisikan kata ini sebagai,”Overall quality or character as seen or judged by people in general,” – kualitas atau karakter yang dipandang atau dinilai oleh orang secara umum. Menilik definisi tersebut, sobat barangkali kemudian berpikir bahwa kata reput dan reputation itu sama saja dan bisa dipertukarkan. Tetapi, kamus seringkali tidak benar-benar menjelaskan bagaimana masyarakat menggunakan masing-masing kata tersebut.

Kata reputation menyiratkan bahwa nama baik, karakter, atau kualitas yang disematkan pada seseorang atau suatu institusi itu didasarkan pada karya atau pekerjaan yang dilakukan atau dicapai. Jika karya atau pekerjaan yang dibuat itu sangat baik, orang pun akan melihatnya demikian. Sebaliknya, jika karya atau pekerjaan yang ditunjukkan buruk, pandangan orang juga akan menyesuaikan. Jadi, yang disebut reputation itu bukan pandangan yang sifatnya serampangan, subyektif,  dan tidak berdasar. Perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • Matilda’s reputation for ability and integrity as a judge is high even with her enemies. – Reputasi Matilda dalam hal kemampuan dan integritas sebagai seorang hakim itu tinggi bahkan di antara musuh-musuhnya.
  • No one doubts his professional reputation as a journalist. – Tak seorangpun meragukan reputasi profesionalnya sebagai seorang jurnalis.

 

Author: Noeg

English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =