Reply, Answer, Respond

By | December 15, 2015

Halo sobat pembaca, kali ini kita akan bersama-sama membahas tiga kata yang mempunyai kedekatan makna: reply answer, dan respond. Dalam bahasa Inggris, dua kata pertama bisa berfungsi sebagai kata kerja (verb) maupun kata benda (noun) tanpa mengalami perubahan bentuk. Hanya respond yang mengalami perubahan bentuk menjadi response sebagai kata benda (noun).

REPLY

Kata ini lebih tepat diartikan sebagai menjawab dalam arti membalas (surat, email, pesan, pernyataan). Coba lihat contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • I never expected she would reply to my email that soon. – Saya tidak pernah menduga dia akan membalas emailku secepat itu. Dalam kalimat ini, reply berfungsi sebagai kata kerja (verb). Kata answer TIDAK bisa digunakan dalam konteks ini.
  • I am going to reply to his message tonight. – Saya akan membalas pesannya nanti malam. Dalam kalimat ini, reply berfungsi sebagai kata kerja (verb). Kata answer juga TIDAK bisa digunakan di dalam kalimat ini.
  • Thanks for your quick reply. – Terima kasih atas balasan Anda yang begitu cepat. Dalam kalimat ini, reply berfungsi sebagai kata benda (noun). Dalam konteks ini, kata answer  TIDAK bisa menggantikan kata reply.

ANSWER

Kata answer lebih tepat diartikan sebagai menjawab. Kata ini lazim digunakan jika sobat hendak menjawab pertanyaan. Sobat tidak bisa menggunakan kata ini dalam arti membalas seperti dalam contoh-contoh kalimat di atas. So, you answer a question, but you don’t answer a letter. 

  • Hendra is a bright student. He answers almost all the questions correctly. – Hendra siswa yang pintar. Ia menjawab hampir semua pertanyaan dengan benar. Dalam kalimat ini, kata answer berfungsi sebagai kata kerja.
  • Two plus two is four. That’s the correct answer. – Dua tambah dua itu empat. Itu jawaban yang benar. Dalam kalimat ini, kata answer berfungsi sebagai kata benda (noun).

Memang ada pengecualian untuk kata ini, meskipun secara umum kata answer digunakan dalam konteks menjawab pertanyaan. Ketika sobat meminta seorang teman atau saudara untuk menjawab telepon yang berdering, kata ini dipakai.

  • Could you answer the phone, please? – Tolong angkat teleponnya. Dalam hal ini, tampaknya frase answer the phone adalah frase baku, dan tidak bisa diubah-ubah.

RESPOND

Respond adalah kata kerja (verb). Bentuk kata bendanya adalah response (noun). Ketika sobat pembaca menjawab pertanyaan atau membalas email, surat, atau pesan, itu berarti sobat merespon atau menanggapi pertanyaan, email, surat, dan pesan itu.

  • If you answer a question or reply to an email or a letter, you respond to them.

Maka, boleh dikatakan bahwa kata respond adalah kata yang mempunyai makna paling luas, dan mencakup dua kata sebelumnya.

One thought on “Reply, Answer, Respond

  1. Pingback: http://progesteroneand.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *