Put on vs Wear: Memakai

By | February 23, 2017

Sobat pembaca, baik put on maupun wear sama-sama diartikan memakai dalam bahasa Indonesia, dan oleh karena itu membingungkan bagi sementara pembelajar bahasa Inggris. Mari kita bahas.

PUT ON

Put on termasuk dalam kategori phrasal verb, yakni kombinasi antara kata kerja (verb) dengan preposisi (preposition seperti in, on, off, dan lain-lain) atau dengan adverb, dan lazimnya mempunyai makna berbeda dari makna asli kata kerja itu. Kata put sendiri berarti meletakkan atau menaruh, tetapi ketika diikuti preposisi on dan membentuk phrasal verb, kombinasi itu melahirkan makna baru.

Menurut kamus online Cambridge Dictionary phrasal verb ini berarti ‘to cover part of the body with clothes, shoes,make-up, or something similar’ – menutup bagian tubuh dengan pakaian, sepatu, make-up, atau sesuatu yang serupa. Menilik definisi tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa phrasal verb ini merujuk pada kegiatan atau tindakan memakainya itu.

  • Put on your jacket. It’s cold outside. – Pakai jaketmu. Di luar dingin.
  • She put on her make-up before she went out with George. – Dia pakai make-up sebelum pergi keluar dengan George.

WEAR

Kata ini juga berarti memakai, dengan konotasi makna yang berbeda. Kamus online Cambridge Dictionary menyebutkan bahwa kata ini berarti ‘to have clothing, jewelry, etc. on your body’ – memakai pakaian, perhiasan, dan lain-lain di tubuh. Jadi, kata ini TIDAK merujuk pada tindakan memakai seperti halnya put on, tetapi keadaan setelah tindakan memakai itu selesai.

Kalau sobat melihat adik sobat sudah dalam keadaan memakai sepatu warna merah jambu (sepatu sudah terpasang di kaki), sobat harus mengatakan,”My little sister is wearing pink shoes.” Kalau sobat melihat pacar sobat dalam keadaan memakai cincin (cincin sudah terpasang di jari), sobat harus mengatakan,”My girlfriend is wearing a beautiful gold ring.”

Dalam dua kalimat di atas, frasa verba put on tak bisa digunakan. Ingat bahwa put on selalu merujuk pada TINDAKAN memakai.

Semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *