Pork, Ham, atau Bacon?

By | December 7, 2015

Sobat pembaca, kali ini kita bahas tiga nomina yang terkait dengan hewan babi. Memang sedikit membingungkan karena dalam bahasa Indonesia ketiganya merujuk pada daging babi. Secara teknis, ham dan bacon adalah pork, kata umum yang digunakan untuk menyebut daging yang berasal dari hewan bernama babi. Ham dan bacon adalah sebutan untuk daging babi yang diambil dari bagian tertentu babi. Mari kita bahas satu per satu.

PORK

Kamus online Oxford Living Dictionaries menyebutkan bahwa kata ini berarti ‘the flesh of hogs used as food’ – daging babi sebagai (bahan) makanan, terutama yang belum diawetkan melalui penggaraman, pengasapan, pengeringan.

Jadi, kata ini adalah sebutan untuk daging babi secara umum, entah sudah dimasak atau belum. Selain itu, daging babi yang disebut dengan kata ini  bisa berasal berasal dari bagian manapun dari hewan bernama babi. Jadi, kalau sobat kebetulan melihat daging babi yang dijual di pasar atau super market, daging itu bisa disebut dengan kata ini. Atau, kalau sobat mau memasak di dapur dengan potongan-potongan daging babi, daging yang hendak sobat masak itu bisa disebut dengan kata ini.

HAM

Secara teknis ham adalah pork. Hanya saja, orang lebih suka menggunakan istilah khusus ini untuk menyebut daging babi yang diambil dari bagian paha (thigh) ini. Ham sudah diawetkan (cured). Maka, jika sobat pembaca mendengar kata ham, itu artinya daging babi bagian paha.

BACON

Kamus online Cambridge Dictionary menyebutkan bahwa kata ini berarti “meat from the back or sides of a pig, often eaten fried in thin slices“. Jadi, Bacon secara teknis adalah pork. Hanya saja, orang juga lebih suka menggunakan sebutan khusus ini untuk menyebut daging babi yang diiris tipis dan pipih. Bacon umumnya diambil dari bagian samping, punggung, atau perut.

Bacon lazimnya sudah diawetkan (cured) dengan garam, atau campuran garam dan gula, atau diasapi. Daging babi pipih ini biasanya digoreng tanpa minyak dan disantap bersama-sama dengan roti atau telur.

CATATAN: Seandainya sobat tidak yakin harus menggunakan kata yang mana di antara ketiga kata itu, silakan gunakan kata pork. Kata ini secara teknis mencakup dua kata lainnya.

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *